Berbicara mengenai content marketing pada intinya adalah bagaimana kita bisa mengetahui di mana pasar kita berada sehingga kita bisa memusatkan perhatian kepada mereka dan membuat konten di waktu dan tempat yang tepat.
Namun, dengan semakin banyaknya platform digital yang ada, ditambah dengan audiens yang semakin spesifik dalam berbagai kategorisasi, pada akhirnya kita harus bisa menyesuaikan diri untuk bisa hadir di berbagai platform yang berbeda demi tetap hadir dekat dengan audiens kita.
Jika kita menargetkan kepada eksekutif bisnis, maka platform yang mungkin baik untuk digunakan adalah LinkedIn. Jika targetnya adalah orang yang lebih muda, maka Instagram adalah tempatnya. Ini belum termasuk audiens yang berada di YouTube, Facebook, Twitter, dan platform lainnya.
Perkembangan platform digital sendiri pada akhirnya menyebabkan taktik pemasaran baru yang muncul dengan sangat cepat. Hal ini tentu akan menjadi tantangan bagi perusahaan ataupun praktisi pemasaran digital untuk tetap mengikuti tren terbaru, mencari cara terbaik untuk menggunakan platform yang berbeda dan menjadi ahli dalam setiap bidang, sambil tetap memikirkan komponen lain dalam bisnisnya.
Itulah alasan bisnis agensi pemasaran digital tumbuh dan berkembang. Karena itu, melakukan kolaborasi dengan agensi-agensi tersebut menjadi langkah bijak jika kita ingin tetap mengikuti perkembangan digital marketing yang ada namun memiliki keterbatasan untuk menjalankannya.
Hal ini memungkinkan kita untuk fokus pada bidang-bidang lain dari bisnis yang mungkin lebih baik jika kita melakukannya sendiri daripada menghabiskan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan mencoba menemukan orang yang tepat untuk dipekerjakan dan dilatih.
Sebenarnya, apa yang dilakukan oleh sebuah digital marketing business team?
Secara singkat, mereka membantu mendapatkan lebih banyak penjualan dengan memanfaatkan berbagai strategi pemasaran untuk menarik target pasar ideal yang kita inginkan.
Layanan yang ditawarkan oleh agensi cenderung bervariasi, tetapi secara umum mereka menyediakan hal-hal berikut ini:
Google AdWords
Google AdWords adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pelanggan potensial pada saat mereka menyadari bahwa mereka memiliki masalah. Sebagian besar orang beralih ke Google untuk menemukan solusi untuk masalah mereka, sehingga menjalankan kampanye AdWords yang menargetkan prospek tersebut dapat sangat menguntungkan.
SEO (Search Engine Optimization)
Mereka akan membantu membuat artikel yang bisa mendapat peringkat tinggi di mesin pencarian bukan hanya tentang membangun “kesadaran merek” atau mendapatkan lebih banyak tampilan halaman. Lebih dari itu, kita bisa menemukan pelanggan potensial pada kondisi yang sempurna dalam customer journey – tepat ketika mereka menyadari bahwa mereka memiliki masalah dan membutuhkan solusi yang diberikan oleh bisnis kita!
Social Media Advertising
Selanjutnya, mereka akan membantu kita dalam melakukan kegiatan iklan di Facebook dengan cara yang lebih efektif. Fitur penargetan Facebook yang dikombinasikan dengan basis penggunanya yang besar menjadikannya platform yang sangat menguntungkan bagi hampir semua bisnis untuk melihat ROI yang baik. Selain itu, kita bisa dengan spesifik menargetkan audiens kita berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, pendapatan, lokasi, minat, dan bahkan perilaku yang dilakukannya di dunia digital.
Content Marketing
Content marketing saat ini diibaratkan sebagai bahan bakar yang bisa membangun bisnis ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagian besar perusahaan berpikir konten adalah tentang menulis beberapa posting blog setiap minggu di website mereka. Tetapi mereka yang peduli tentang penjualan dengan metrik menyadari bahwa hal itu tidaklah sesimpel yang dibayangkan. Dibutuhkan sebuah strategi dan konsistensi untuk bisa melakukannya dengan baik. Terkait hal tersebut, biasanya digital marketing agency bisa membantu kita untuk membuat artikel, pembuatan infografis, penulisan SEO, analisis konten, promosi media sosial, dan lainnya.
E-mail Marketing
E–mail saat ini masih menghasilkan ROI paling banyak bagi perusahaan, bahkan dengan semua jejaring media sosial baru yang bermunculan. Secara keseluruhan, setiap $ 1 yang dihabiskan untuk e-mail marketing akan memberikan ROI sebesar $ 38. Terkait hal ini, digital marketing team biasanya menawarkan layanan seperti list building, segmentasi, atau pengoptimalan autoresponder.
How to Choose a Good Digital Marketing Agency?
Ketika kita berada di industri yang memiliki low entry barrier, kita akan berurusan dengan orang-orang yang mengaku mengetahui apa yang mereka lakukan, tetapi sebenarnya tidak tahu. Pemasaran digital adalah salah satu industri tersebut.
Ada banyak agensi yang menjanjikan banyak hal kepada pelanggan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab mereka hanya untuk menutup kesepakatan, atau tidak memiliki resource dan keterampilan untuk merealisasikannya.
Sebuah digital marketing team tidak akan menjamin hasil seperti kenaikan penjualan dan keuntungan karena ada terlalu banyak faktor yang terlibat secara detail untuk setiap perusahaan yang mungkin saja menghasilkan ROI yang berbeda-beda. Misalnya, ketika kita sudah melakukan semua langkah yang benar dalam hal strategi pemasaran digitalnya, tetapi hasilnya ternyata lebih lama dari yang diharapkan karena bisnis kita berada di pasar yang lebih kompetitif.
Salah satu cara untuk menilai kualitas sebuah agensi pemasaran digital adalah dengan memberikan pertanyaan yang tepat kepada mereka. Misalnya meminta formula rahasia mereka, apa yang membuat mereka berbeda dan apa strategi mereka untuk memberi kita hasil yang maksimal.
Hal lain dari menentukan apakah agensi tersebut berkualitas atau tidak adalah melalui harga yang mereka berikan. Tentu dengan pemikiran efisiensi, harga biasanya adalah hal pertama yang ditanyakan. Namun, jika kita menemukan tim yang mengenakan harga terlalu rendah, maka kemungkinan mereka memberikan hasil berkualitas rendah juga. Prinsipnya, harga sebanding dengan kualitas.
Coba untuk berpikir dari sudut pandang mereka: jika service fee yang diberikan terlalu rendah, maka mereka membuat margin lebih rendah pada layanan mereka. Selain itu, mereka cenderung tidak akan berusaha keras untuk klien karena tidak ada banyak insentif yang didapatkan. Sebuah agensi yang memberikan harga tinggi cenderung akan memperlakukan klien mereka dengan lebih profesional dan karena mereka mampu melakukannya.
Conclusion
Sebelum kita memutuskan untuk menggunakan bantuan digital marketing agency dalam bisnis, ada beberapa hal yang harus dipastikan, yaitu:
- Pastikan kita memahami target pasar kita secara mendalam.
- Mengetahui tools apa yang perlu kita gunakan untuk efisiensi.
- Mereka bisa menghasilkan konten berkualitas.
- Mereka memiliki pengalaman menjalankan kampanye yang menghasilkan ROI.
- Tetap konsisten dengan kegiatan pemasaran kita dan ingatlah bahwa ini adalah permainan jangka panjang.
Jika kita memiliki dana dan tujuan yang besar, mungkin akan lebih mudah untuk menggunakan digital marketing agency yang mengurus semuanya untuk kita. Nantinya mereka akan membantu menangani sistem, proses, dan alur kerja yang digunakan untuk menjalankan kampanye dari awal hingga akhir, karena mereka telah memiliki proses terstruktur yang sudah terbukti di klien-klien sebelumnya.
Ketika kita memutuskan hal tersebut, maka ada beberapa hal yang menjadi perhatian:
- Tentukan kebutuhan dari kegiatan pemasaran digital kita.
- Tidak selamanya agensi luar negeri menjamin ROI karena tidak mengetahui kondisi di lingkungan kita.
- Analisa bagaimana agensi menjalankan bisnis mereka dan pahami metrik apa yang mereka gunakan.
- Pastikan bahwa mereka tidak melakukan overpromise dan tidak masuk akal.
Harga rendah seringkali menjadi pelayanan yang buruk.
Can KREW help with your unique situation?
Let’s have a friendly chat to find out!