Konten, seperti yang sudah kita ketahui, menjadi salah satu alat yang paling efektif untuk membantu kita dalam melakukan kegiatan marketing terutama di media digital. Tapi kita juga sadar bahwa tidak mudah untuk membuat sebuah konten yang bisa memberikan value dan diterima oleh audiens. Apalagi saat ini kita seolah dituntut untuk bisa menghasilkan konten berkualitas secara konsisten.
Lalu sekarang permasalahannya adalah, bagaimana kita bisa melakukan hal tersebut?
Simak beberapa solusi yang bisa menjadi jawaban dari pertanyaan tadi.
Block Out Time For Content
Jika kita sudah tahu pentingnya konten untuk meningkatkan bisnis kita, maka sudah seharusnya kita meluangkan waktu untuk fokus mengerjakannya. Catat waktu di kalendar dan pastikan di saat itu kita bisa terbebas dari segala hal yang dapat menghambat. Identifikasi sebelumnya konten seperti apa yang akan kita buat, kerjakan dan lakukan secara konsisten.
Simak tips how to find a good idea to create quality content untuk lebih memudahkan dalam mencari ide konten.
Identify Topics
Sebelum membuat konten yang ingin dibuat entah dalam berbagai tipe konten, pastikan kita mengetahui topik apa yang ingin disampaikan. Hal ini akan berguna untuk membuat konten dengan lebih cepat dan efisien. Kita bisa memulai dengan menentukan topik besar, lalu diperluas menjadi sub-topik konten tersebut, lalu pada akhirnya dikembangkan menjadi sebuah narasi, penjelasan, dan penjabarannya.
Penggunaan metode ini juga berguna ketika kita akan melakukan spreading technique content untuk membuat konten dengan lebih banyak. Namun tetap jaga kualitas d iatas kuantitas sebuah konten.
Follow a Content Calendar
Sejalan dengan menentukan topik konten, pastikan diikuti dengan menjadwalkan kapan konten-konten tersebut akan dibuat. Dan pastikan setiap konten yang dibuat mempunyai integrasi dan alur yang jelas. Hal ini akan memudahkan audiens untuk terus menikmati konten kita dengan lebih dalam.
Kemudian, pastikan jarak antara satu konten dengan konten lain berada dalam kondisi ideal untuk kita sebagai creator dan audiens sebagai pembaca.
Sebagai tambahan, buat konten-konten yang bersifat evergreen content dan bisa timeless sehingga tidak akan terlalu terpengaruh dengan perkembangan kondisi yang ada.
Pace Yourself
Jangan pernah melakukan sesuatu murni karena ingin seperti orang lain tanpa menyadari bahwa kitalah yang paling mengetahui kapasitas diri kita. Jika kita hanya bisa membuat satu artikel atau satu video seminggu sekali, jangan memaksakan diri untuk melakukannya setiap hari. Yang paling terpenting adalah bagaimana kualitas yang dihasilkan dan konsistensi dalam membuatnya. Baru ketika kedua hal tersebut sudah bisa dilakukan, mulai untuk melakukan improve dari segi kuantitasnya.
Document Your Process and Follow it
Dan pada akhirnya, segala sesuatu yang kita lakukan mulai dari mencari topik apa yang akan dibahas, ide untuk judul dari topik tersebut, lalu mulai untuk membuat konten dan melakukan proses editorial, melakukan scheduling untuk publikasi konten, sampai melakukan evaluasi berdasarkan respons yang diberikan oleh audiens untuk membuat konten-konten selanjutnya, pastikan bahwa segala sesuatu berjalan pada tempatnya. Itulah mengapa proses dalam konten disebut juga mengikuti arah jarum jam.
Lalu setelah menemukan formula mengenai cara kerja yang paling tepat, dokumentasikan hal tersebut dan jadikan sebuah standar operasional pekerjaan agar nantinya tim yang akan bekerja bersama kita bisa mengikuti proses yang kita inginkan. Pastikan juga bahwa tim yang akan bekerja dengan kita dapat menerima formula tersebut sehingga pada akhirnya akan menciptakan sebuah konten yang berkualitas.
Jika masih merasa kesulitan dalam melakukannya, jangan takut untuk meminta bantuan dari pihak ketiga yang memiliki kapabilitas. Karena yang terpenting adalah bagaimana konten yang ingin kita berikan dapat terealisasi dan diterima oleh audiens kita.