Meningkatkan Keberhasilan Strategi Media Sosial Dengan Bantuan Aplikasi Content Marketing

Kegiatan marketing di media sosial dalam perjalanannya seperti berdiri sendiri, terlepas dari integrasi dengan medium lainnya, seperti konten dan teknik SEO.

Hal ini sangat disayangkan karena kegiatan media sosial kita dapat memperoleh banyak manfaat dari data dan insight yang diberikan baik itu bagian tim yang lain, maupun lewat bantuan aplikasi. Apapun itu, tetap tujuannya adalah bagaimana kita bisa lebih memahami dan memberikan service yang lebih baik kepada audiens kita, sehingga pada akhirnya mereka mau menggunakan bahkan mereferensikan kita kepada orang lain.

Salah satu hal terpenting untuk mengetahui audiens kita adalah dengan melihat dari data. Semakin banyak data yang bisa kita kumpulkan mengenai problem mereka, preferensi, dan interest nya, maka kemungkinan besar kita bisa lebih baik memberikan service kepada mereka. Data tersebut tidak hanya didapatkan dari platform yang kita gunakan seperti media sosial kita, tetapi juga bisa menggunakan platform dan aplikasi di luarnya.

Berikut adalah 3 tools dari content marketing yang bisa dimanfaatkan untuk bisa meningkatkan keberhasilan kegiatan media sosial kita:

1. Menemukan topik yang akan dibahas menggunakan bantuan keyword research

Teknik pencarian kata kunci atau SEO pada kebanyakan kasus belum terlalu dimanfaatkan dengan baik oleh tim yang mengurusi media sosial, atau lebih parahnya mereka tidak mengerti fungsi dan tujuannya. Padahal hal itu justru menjadi sumber mengenai informasi apa yang memang dibutuhkan oleh audiens kita.

Logikanya, ketika banyak orang mencari informasi dengan menggunakan kata kunci khusus, dan kita bisa mengkoneksikannya ke media sosial kita melalui berbagai cara, ada kemungkinan besar konten kita akan dilihat oleh mereka berdasarkan pencarian kata kunci tersebut.

Dan bagian terbaiknya, ada banyak tools gratis dan tidak berbayar untuk bisa melakukan kegiatan ini. Tetapi tools berbayar tentu memberikan hasil yang lebih optimal.

Satu yang sangat direkomendasikan adalah keywordseverywhere.com dimana kita bisa memasangnya di extension chrome dan secara otomatis akan memberikan rekomendasi kata kunci terkait yang banyak dicari oleh audiens kita.

Pelajari bagaimana menggunakan keywordseverywhere.com disini

2. Menggunakan question research untuk mengetahui apa yang biasanya ditanyakan

Perkembangan teknologi saat ini membuat kegiatan kita menjadi semakin lebih mudah. Terkait dengan kegiatan marketing, saat ini pencarian kata kunci sudah berevolusi menjadi beberapa pencarian walaupun masih tetap efektif untuk digunakan.

Salah satunya adalah pencarian dengan berbasis pada pertanyaan. Jika pencarian kata kunci bertujuan untuk memprediksi apa yang diketik oleh audiens saat mencari informasi, maka pencarian ini berbasis pada apa pertanyaan yang keluar dari audiens terhadap informasi tersebut.

Pertanyaan sangat cocok digunakan ketika kita ingin membangun engagement dengan audience, terutama di media sosial dimana algoritma saat ini sangat mengacu pada seberapa besar interaksi kita dengan mereka.

Selain digunakan dalam teknik riset, bentuk pertanyaan bisa digunakan untuk judul sebuah konten, headline sebuah caption di media sosial, atau mengakhiri kalimat untuk merangsang keterlibatan. Sehingga pemilihan kalimat tanya yang tepat berpengaruh besar terhadap keberhasilan strategi media sosial kita.

Sama seperti kata kunci, banyak tools yang bisa dimanfaatkan baik gratis maupun berbayar untuk mengoptimalkan riset pencarian berbasis pertanyaan. Salah satu yang direkomendasikan adalah answerthepublic.com, sebuah website yang dapat membantu kita dalam mengidentifikasi pertanyaan apa yang sering beredar pada satu kata kunci tertentu. Misalkan pada kata kunci digital marketing, maka akan dimunculkan berbagai macam data seputar pertanyaan digital marketing seperti apa itu digital marketing, strategi digital marketing, dan lainnya.

Sebagai catatan, aplikasi ini juga menyediakan layanan berbayar jika kita ingin menggunakan akses secara full. Namun, untuk versi gratis pun cukup untuk mengidentifikasi secara sederhana.

3. Menggunakan on-Page analytics untuk mengidentifikasi CTA terbaik

Setiap kegiatan digital marketing yang dilakukan pada akhirnya tidak hanya berbicara soal exposure dan engagement yang dibangun, melainkan juga akan diukur berdasarkan konversi terhadap peningkatan bisnis untuk melihat seberapa efektif kegiatan yang telah dilakukan.

Walaupun banyak tools yang bisa digunakan untuk mengukur hasil dari kegiatan kita termasuk Google analytic, On-site Analisis di media sosial tetap memberikan insight yang lebih mendalam mengenai faktor apa yang membuat terjadinya konversi, dan apa yang membuat seseorang menjauh atau hesitate.

Namun ada beberapa tools analisis yang bisa membantu memahami audiens lebih jauh. Salah satunya adalah www.finteza.com , sebuah software analisa gratis yang dirancang agar mudah dipahami bahkan orang yang tidak memiliki kemampuan analitik. Tools ini bisa disatukan dengan plugin WordPress untuk menambahkan link untuk keperluan tracking.

Fintenza sudah terbukti oleh orang banyak sebagai salah satu software analitik yang sangat user friendly karena sangat mudah untuk dibuat.

Nah itu dia cara meningkatkan keberhasilan strategi media sosial dengan bantuan aplikasi content marketing
Punya pertanyaan lebih lanjut?
Butuh bantuan untuk membuat konten yang baik?
Tinggalkan email kalian atau bisa langsung hubungi kontak kita

Dengan konten dan digital marketing
Yuk kita tingkatkan bisnis kita menjadi lebih maju lagi
Selamat mencoba
Jangan lupa di share agar semakin bermanfaat informasinya

Terima kasih sobat krew !

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu