Setiap bisnis pastinya ingin mencapai kesuksesan. Untuk mewujudkan hal itu, salah satu langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengetahui apa sebenarnya tujuan dari bisnis kita. Tujuan itulah yang nantinya akan membimbing setiap langkah dan tindakan yang kita lakukan.
Bagaimana membuat tujuan bisnis yang dapat memberikan dampak baik untuk kita? Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah Teknik SMART. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.
Apa itu Teknik Smart?
S.M.A.R.T adalah singkatan dari 5 langkah tujuan yaitu:
- Spesifik atau Detail
- Measurable atau terukur
- Attainable atau dapat dicapai
- Relevant atau sesuai dengan kondisi
- Timetable atau berdasarkan waktu
Teknik sederhana ini digunakan oleh perusahaan untuk membuat rencana yang akan ditetapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal.
Mari kita bahas lebih lanjut mengenai setiap huruf dari teknik SMART ini
Specific (Khusus)
Tujuan yang kita buat harus jelas, spesifik, dan sangat fokus. Jangan pernah membuat tujuan yang general dan berandai andai karena justru hal tersebut akan sulit tercapai. Misalkan, Mendapatkan kenaikan profit sebesar 20% dari tahun lalu. Jangan pernah membuat tujuan seperti, menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Ini penting agar team kita memiliki gambaran akan bagaimana usaha yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Saat kita fokus pada tujuan, hal itu akan menjadi sebuah magnet, menarik kita dan seluruh anggota team ke arah tujuan itu. Semakin fokus energi kita, semakin besar kekuatan yang kita dapatkan, semakin baik hasil nya.
Measurable (Terukur)
Tujuan tanpa hasil yang terukur diibaratkan seperti bertanding olahraga tanpa adanya skor yang menentukan menang dan kalah. Bilangan merupakan bagian penting dari usaha. Taruh angka yang real dalam tujuan untuk mengetahui apakah kita berada di jalur atau sudah keluar saat menjalankannya.
Papan putih yang dipasang di kantor kita dapat membantu sebagai ingatan harian yang menjaga diri kita dan team agar tetap fokus pada hasil target yang ingin dicapai.
Attainable (Dapat Dicapai)
Salah satu kegagalan yang terjadi pada bisnis adalah menetapkan tujuan yang jauh diluar kapasitasnya. Ada perbedaan antara menjadi optimis dengan tidak realistis.
Tidak ada satu orang yang berhasil dalam membangun bisnis dilakukan dalam waktu satu malam. Kita boleh mencoba menggapai mimpi kita, tetapi selalu stay down to earth dalam berekspektasi terutama pada hal yang sulit dilakukan.
Tanyakan pada team kita sejauh mana batasan kemampuan kita dengan apa yang ingin kita capai? Dengan begitu kita bisa melakukan dua hal, menambah kualitas team kita, atau mengurangi target yang lebih realistis untuk tim.
Relevant (Sesuai)
Menetapkan tujuan usaha harus berdasarkan pada bagaimana kondisi iklim dari tempat kita berada. Tidak hanya soal kapasitas pasar, tetapi juga mengenai siapa audiens kita, bagaimana produk dan service yang diterima oleh mereka, dan segala hal lainnya, perlu saling bersinergi satu sama lain. Contoh lain, Kita ingin menaikan omset pendapatan hingga 30% pada tahun ini. Namun jika daya beli konsumen hanya naik 10%, maka target yang kita tetapkan tidak memberikan kenyamanan bergerak untuk team. Hal ini belum melihat apakah ada persaingan baru atau adanya kebijakan yang akan membatasi kita dalam berbisnis.
Karena itu menjadi relevan dengan konsumen jadi hal paling vital dengan setiap kegiatan marketing yang dilakukan.
Time-Based (Berbasis Waktu)
Salah satu alasan mengapa tujuan yang kita buat sulit untuk kita realisasikan adalah tidak adanya penetapan waktu yang jelas, atau sebutan lainnya adalah deadline. Hal ini akan membuat team menjadi kurang mengeluarkan effort 100% karena tidak adanya urgensi untuk melakukannya. Karena itu penting membuat perencanaan waktu dan deadline agar apa yang kita rencanakan bisa berjalan tepat pada waktunya, dan team bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.
Setelah tujuan usaha SMART kita, uraikan setiap tujuan menjadi satu tugas dan kegiatan spesifik untuk mencapai tujuan kita. Penting secara periodik meninjau tujuan kita dan melakukan penyesuaian jika perlu. Penentuan tujuan untuk usaha kecil kita adalah alat penting untuk keberhasilan. Ingat, pada akhirnya menjadi SMART.
Punya pertanyaan lebih lanjut?
Butuh bantuan untuk membuat tujuan yang baik?
Tinggalkan email kalian atau bisa langsung hubungi kontak kita
Dengan Tujuan yang SMART
Yuk kita tingkatkan bisnis kita menjadi lebih maju lagi
Selamat mencoba
Jangan lupa di share agar semakin bermanfaat informasinya
Terima kasih sobat krew!