Bikin Campaign Bareng Influencer, Gini Cara Ngatur Biar Ga Ribet

Sekilas kerja bareng influencer dan artis terdengar menarik, kan? Tapi percayalah, di balik layar, ada banyak sekali permasalahan dan berbagai keribetan yang bisa bikin darah Tinggi. Ga percaya?  Kita bahas dan kasih studi kasus biar lebih nyambung!

Bayangkan kamu adalah Brand yang lagi menggandeng influencer populer dalam sebuah Campaign untuk produk terbaru kamu. Kamu sudah seleksi beberapa influencer yang cocok dengan brand kamu, tapi timbul 3 masalah yang sering banget muncul.

  1. Masalah jadwal.
    Salah satu influencer yang kamu incar ternyata sudah punya jadwal padat dan nggak bisa mengikuti timeline yang kamu inginkan. Ini bikin kamu harus cari-cari jadwal yang cocok buat kalian berdua, tapi tetap aja agak ribet. 
  2. Budget
    Beberapa influencer punya tarif yang lumayan tinggi, sementara budget kamu terbatas. Kamu harus kreatif cari cara biar bisa nego harga tanpa merusak hubungan sama influencer atau kualitas Campaign. 
  3. Realitas Kualitas influencer.
    Meskipun mereka posting konten yang kamu minta, tapi terkadang enggak ada interaksi atau respons yang bagus dari mereka. Ini bisa bikin hasil Campaign jadi kurang maksimal.

Dari sini, kamu sadar bahwa mengelola influencer itu nggak semudah yang dibayangkan. Tapi dengan kesabaran, kreativitas, dan komunikasi yang baik, kamu bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul dan menghasilkan Campaign yang sukses.

Berikut beberapa Tips yang penting untuk diperhatikan

  1. Pilih Influencer yang Cocok
    Pertama-tama, cari influencer yang emang cocok sama brand atau produk kamu. Jangan cuma liat jumlah followersnya, tapi juga liat apakah gaya mereka cocok sama brand kamu atau enggak. 
  2. Kenali Audience Influencer
    Setelah dapetin influencer yang pas, coba kenalan sama audiensnya. Apa sih yang mereka suka dari si influencer? Gimana cara mereka berinteraksi? Dengan menghargai audiens influencer, kamu bisa lebih nyambung pas ngomongin brand kamu.
  3. Diskusiin Bareng
    Ajak ngobrol influencer tentang rencana campaign kamu. Jelasin apa aja yang kamu harapkan dari mereka, dengerin pendapat mereka. Intinya kalian bisa brainstorm ide-ide keren buat bikin semuanya berjalan dengan maksimal. 
  4. Evaluasi
    Pas Campaign udah jalan, jangan lupa untuk evaluasi. Apa aja yang udah berhasil, apa yang bisa diperbaiki, dan sebagainya. Dari sini, kamu bisa dapetin insight buat Campaign berikutnya.

Jadi, ngatur Campaign dengan influencer tuh bisa jadi seru asal kamu tau caranya. Dengan langkah-langkah yang asyik di atas, kamu bisa bikin Campaign yang bikin brand kamu makin dikenal dan dicintai sama audiens.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu