101 Social Media Marketing

Di zaman modern, kita enggak terlepas dari penggunaan media sosial buat mencari informasi, bersosialisasi, maupun berbelanja. Enggak sedikit kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, contohnya flash sale besar-besaran di Instagram. Pasti banyak dari kalian yang bakal tergiur, ‘kan? Inilah dasar kuat mengapa masyarakat cenderung lebih suka berbelanja di media sosial. Tentu harus dimanfaatkan melalui strategi pemasaran media sosial atau sering disebut social media marketing.

Social media marketing dipercaya sebagai salah satu cara memasarkan produk lewat media sosial yang terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan jika diterapkan dengan tepat. Enggak heran, makin banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menggencarkan strategi social media marketing Ditambah peningkatan signifikan pengguna internet, bikin social media marketing beralih jadi senjata ampuh pemasaran masa kini.

Social media marketing, apa itu?

Marketing yang berarti pemasaran dan social media sebagai sarana. Singkatnya, social media marketing merupakan sebuah strategi inovatif dalam memasarkan produk dan meningkatkan penjualan secara digital dengan bantuan media sosial. Platform media sosial yang populer digunakan biasanya Facebook, Instagram, dan Twitter.

Eits, social media marketing enggak cuman sekadar meningkatkan penjualan saja, lho. Dengan strategi ini, kamu juga bisa lebih intens berinteraksi langsung dengan audiens, membangun brand awareness dan komunitas, menyelesaikan keluhan, mendapat referensi baru, hingga mempelajari performa kompetitor. So, social media marketing penting banget, nih, buat jadi perhatian kamu, Sobat Krew.

5 Pilar utama social media marketing

Saat menerapkan strategi social media marketing, tentu kamu harus paham betul bagaimana cara menyampaikan pesan kepada audiens melalui konten yang disajikan. Nah, ini dia lima pilar utama social media marketing yang perlu kamu pelajari supaya dapat menghasilkan konten pemasaran yang atraktif!

1. Strategi
Tanpa strategi, kamu bakal sulit memenuhi target dan mencapai audiens. Tapi kamu bakal lebih terarah dalam memproduksi konten berkualitas, mendorong engagement audiens, dan meningkatkan konversi penjualan kalau berhasil menyusun strategi yang ciamik. Selama penyusunannya, akan lebih baik jika berdasarkan pada hal-hal seputar tipe konten apa yang ingin diproduksi, media sosial mana yang jadi fokus utama, dan tujuan yang ingin dicapai.

2. Perencanaan dan Publikasi
Setelah menyusun strategi, saatnya merumuskan perencanaan. Usahakan selalu fokus berpatok pada strategi dan brand value yang kamu miliki, audience identity, dan quality – sama pentingnya dengan quantity. Buatlah perencanaan secara menyeluruh dari jangka pendek hingga jangka panjang. Perencanaan ini akan jadi kunci utama dalam publikasi, yang mendorong kamu tetap konsisten. Publikasi secara teratur bikin audiens stay engaged!

3. Listening and Engagement
Perencanaan yang matang dan konsistensi dalam publikasi, tentu mendorong pesatnya tingkat interaksi audiens, mulai dari jumlah likes, komentar, review, kritik, hingga masukan. Interaksi ini bernilai banget untuk kamu jaga supaya engagement rate yang didapat bisa terus dimaksimalkan, sekaligus citra positif terhadap brand kamu juga makin terbentuk.

Eits, pilar ini enggak selalu berkaitan sama customer experience, lho. Kamu juga perlu untuk ‘mendengar’ tren baru biar keep up-to-date atau bahkan mengidentifikasi peluang lain buat mengembangkan bisnis. Jadi, coba dengar dan amati kondisi sekitar, ya!

4. Analisis
Setelah menjalani beberapa pilar di atas, jangan sampai lupa untuk mengukur output performa konten. Bagaimana pertumbuhan akun brand kamu; apakah followers bertambah? Konversi sales dari media sosial meningkat? Atau malah mengalami stagnasi? Hal-hal kayak gini penting banget jadi concern kamu, karena parameter kesuksesan social media marketing bergantung pada pengumpulan data dan hasil analisis!

Kalau sampai terlewat, mungkin kamu bakal sulit memahami perilaku audiens, menemukan strategi yang paling ampuh, memutuskan platform mana yang cocok, hingga menganalisis kompetitor kamu. Duh, jangan sampai ke-skip, ya!

5. Iklan
Strategi dan empat elemen pilar lain, checked! Kini saatnya kamu mulai mengoptimalkan seluruh pilar dengan mengeksplor lebih jauh mengenai iklan. Iklan enggak kalah esensial untuk dijalankan, walau ada yang memang perlu biaya, sih. Akan tetapi iklan di media sosial sangat berpengaruh dalam mendorong performa yang jauh lebih pesat. So, enggak ada salahnya buat mencoba penggunaan iklan, Sobat Krew!

3 Tipe iklan dalam social media marketing

Bagi kamu yang baru terjun atau sudah lama berkecimpung di dunia social media marketing, pasti paham pentingnya peran iklan dalam perkembangan performa konten. Eh, tapi kamu sudah tau belum, nih, tipe iklan itu ada apa saja? Yuk, langsung simak ulasan tipe-tipe iklan yang perlu kamu ketahui!

  1. Tipe organic. Tipe iklan yang sama sekali enggak butuh biaya tambahan dalam penayangannya karena melalui saluran yang kita miliki sendiri, kayak media sosial brand, website, blog, dan lain-lain.
  2. Tipe earned. Iklan tanpa perlu biaya dan dilakukan atas kehendak pihak lain. Biasanya tipe iklan ini berupa rekomendasi dari mulut ke mulut, yang sangat memperhatikan user experience, ulasan, dan informasi lain di media sosial.
  3. Tipe paid. Strategi pemasaran konten berbayar di media sosial. Contohnya display ads, paid search results, atau iklan pop-up guna memperluas brand awareness ke lapisan audiens yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Iklan tipe berbayar ini efektif banget untuk mendapat banyak klik dan traffic yang lebih besar.

Itulah beberapa hal berkaitan dengan social media marketing yang sebaiknya kamu ketahui dan pahami. Yuk, coba mulai diterapkan dalam pengembangan brand kamu, Sobat Krew!

Masih merasa kesulitan? Jangan terlalu dipaksakan. Kamu bisa mencari bantuan agensi marketing khusus untuk mengurus brand kamu di media sosial. Digital Krew sebagai agensi terpercaya, menyediakan layanan peningkatan konten dan berbagai aktivitas social media marketing lainnya dalam menunjang performa brand agar makin melejit, karena Digital Krew bring your business to the next level!

 Untuk konsultasi atau informasi lebih lanjut, sila mengunjungi website kami pada situs https://digitalkrew.id/ atau hubungi +62 851 5959 3811.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu