Berbeda, tapi Saling Berkaitan. Kenali Apa Itu Brand Image dan Brand Awareness!

Di dunia business, kita seringkali mendengar istilah brand image dan brand awareness. Namun, tahukah Sobat Krew kalau ternyata, meskipun keduanya sama-sama memiliki kata brand, tapi keduanya memiliki arti yang berbeda, loh. Hmm, yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

Brand Image vs Brand Awareness

Jadi, brand image sendiri berarti citra merek, persepsi, atau bagaimana seseorang memandang suatu merek berdasarkan kualitas yang diberikan oleh merek. Misalnya, ketika kamu sedang berbicara tentang air mineral dengan teman kamu terus kamu langsung ingat merek AQUA yang juga suka peduli dengan lingkungan. Nah, itulah yang disebut brand image.

Sementara brand awareness adalah kesadaran dan kemampuan konsumen dalam mengenali suatu merek. Contohnya, ketika kamu melihat logo bergambar burung maka kamu akan langsung ingat aplikasi Twitter atau kalau kamu dengar lirik lagu “Indomie, seleraku~” maka kamu akan langsung ingat Indomie. Nah, itulah yang dimaksud dengan brand awareness.

Jenis-Jenis Brand Image dan Brand Awareness

Nah, tidak hanya kain saja yang punya jenis, tetapi brand image juga punya jenis, loh! Berikut adalah jenis dari brand image.

  1. Citra Pembuat
    Persepsi masyarakat terhadap perusahaan yang membuat produk, seperti memandang bahwa AQUA adalah business yang peduli dengan lingkungan.
  2. Citra Produk
    Persepsi masyarakat terhadap produk yang terdiri dari atribut produk, manfaat bagi konsumen, hingga jaminan, seperti memandang bahwa iPhone memiliki hasil foto yang jernih.
  3. Citra Pemakai

Persepsi masyarakat terhadap konsumen yang memakai produk berdasarkan kepribadian hingga status sosial, seperti memandang Channel untuk orang berduit.

Sama dengan brand image, brand awareness pun memiliki tiga jenis, yaitu

  1. Brand Recognition
    Kondisi ketika konsumen bisa menyebutkan atribut dari suatu merek, seperti warna, logo, dan beberapa slogan.
  2. Brand Recall
    Kondisi ketika konsumen konsumen bisa menyebutkan 2-5 merek ketika ditanya nama merek dalam suatu kategori. Fun fact, tidak banyak konsumen yang mengingat > 5 merek, loh!
  3. Top of Mind
    Kondisi ketika konsumen bisa menyebutkan nama merek pertama yang ada di pikirannya ketika ditanya tentang suatu kategori produk.

Lalu, Apa Kaitan antara Brand Image vs Brand Awareness?

Walaupun, kedua hal di atas punya makna yang berbeda, tetapi keduanya saling berkaitan, Sobat Krew. Mengapa?

Karena jika business kamu memiliki brand image yang baik di mata konsumen maka secara tidak langsung dapat membentuk awareness di mata konsumen tentang produk kamu. Contohnya, ketika ingin membeli air mineral di warung sering sekali konsumen akan bilang kepada penjual kalau ingin membeli AQUA, bukan?


Sumber: Freepik

Sementara jika suatu merek memiliki brand image yang kurang baik, masyarakat pun menjadi tidak aware dengan produk kamu sehingga dapat merugikan perusahaan, bahkan buruknya konsumen bisa turut menyebarkan informasi buruk tentang produk kamu kepada orang lain. Enggak banget, kan?

Bagaimana, Sobat Krew? Itulah penjelasan singkat mengenai brand image dan brand awareness. Ingat, keduanya berbeda, tetapi jangan lupa juga bahwa keduanya memiliki kaitan. Jadi, bagi kamu yang ingin atau sedang membuka business, jangan lupa untuk bangun brand image dan brand awareness yang baik pada produk kamu, ya!

Referensi:

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu