Membuat konten menjadi hal yang penting untuk tetap bisa hadir di tengah-tengah audiens. Dengan konten yang baik akan dikonsumsi oleh banyak orang dan berarti akan meningkatkan juga exposure dari brand kita.
Masalahnya, membuat konten membutuhkan effort yang cukup besar. Dari mulai menemukan ide, melakukan riset, mengubah ide menjadi bentuk konten, sampai mendistribusikannya, semuanya harus dilakukan dengan baik untuk menghasilkan konten yang berkualitas.
Faktor ini menjadi alasan mengapa banyak perusahaan sulit untuk konsisten dalam membuat brand dengan kualitas baik. Padahal kenyataannya, ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk membuat kita tetap bisa memberikan konten yang bermanfaat, namun tidak perlu mengeluarkan effort yang sebesar saat ini.
Ada beberapa poin yang bisa diambil dari sini;
1. Pastikan bahwa Konten Kita Memang Berkualitas Baik
Tentunya konten yang baik harus dinilai secara objektif. Jika kita sendiri saja tidak merasa bahwa konten kita memiliki kualitas yang baik, jangan pernah sekali-kali untuk menyebarkan sebelum adanya perbaikan. Berikan pertanyaan di dalam konten tersebut seperti di bawah ini:
-
- Apakah ada sesuatu yang baru dan akan menarik untuk dibicarakan?
- Apakah topik yang diangkat masih relevan dengan kondisi sekarang?
- Apakah sudah memberikan judul yang sangat click bait?
- Apakah kita merasa senang dan mau untuk menyebarluaskannya?
- Apakah saya memberikan infografis, statistik dan fakta di dalam konten?
Jika kita bisa menjawab pertanyaan ini, maka kita akan menemukan kelemahan dan perbaikan yang harus dilakukan, sehingga nantinya akan menghasilkan konten yang maksimal.
2. Repurpose Konten Lama dengan Variasi Bentuk Lainnya
Banyak orang yang membuat konten akhirnya hanya akan berpindah dari satu konten lama ke konten baru lainnya, padahal ada beberapa analisis yang bisa dilakukan. Selain itu, tidak semua orang bisa melihat kita di waktu yang bersamaan, sehingga perlu bagi kita untuk sesekali memberikan konten lama yang bekerja.
Tidak ada salahnya jika kita menghadirkan kembali konten lama yang bekerja dengan baik, tetapi dengan sedikit ada perbedaan pada model dari konten tersebut. Misalnya dari kalimat menjadi infografis, video atau lainnya.
-
- Infographic
Berikan ringkasan singkat dalam bentuk infografis untuk memudahkan audiens dalam membaca konten kita. Jenis ini juga dianggap lebih menarik dibandingkan dengan konten artikel.
- Publikasi di SlideShare
Bedah semua isi artikel, e-book dan lainnya ke dalam SlideShare. Platform ini biasanya memang sering digunakan untuk mencari ilmu dalam bentuk ringkasan. Sehingga menaruh konten di SlideShare sangat tepat dengan sasaran dari konten kita. - Berikan E-mail Newsletters
Saat ini banyak orang lebih suka dengan visualisasi dan mendengar dibandingkan dengan membaca. Karena itu kita juga bisa membuat konten artikel atau e-book kita menjadi beberapa video penjelasan. Jenis ini juga dapat membangun interaksi yang lebih personal karena sifatnya yang seakan dua arah atau berdiskusi. - Video atau Audio Penjelasan
Saat ini banyak orang lebih suka dengan visualisasi dan mendengar dibandingkan dengan membaca. Karena itu kita juga bisa membuat konten artikel atau e-book kita menjadi beberapa video penjelasan. Jenis ini juga dapat membangun interaksi yang lebih personal karena sifatnya yang seakan dua arah atau berdiskusi.
- Infographic
3. Sebarkan dan Distribusikan ke Berbagai Platform
Dengan begitu banyaknya platform sejenis, kita tidak bisa memastikan di mana target audiens akan menerima informasi mengenai konten kita. Karena itu, sebisa mungkin distribusikan ke berbagai platform media sosial atau media konten. Apalagi banyak platform yang saling berintegrasi seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Namun, pastikan terdapat penyesuaian konten sesuai dengan media mana yang mau digunakan, karena setiap platform juga memiliki karakteristiknya masing-masing.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan
Untuk mempromosikan konten kita secara organik dan gratis
Jangan cuma dibaca, tetapi juga dipraktekkan, ya
Share agar konten ini semakin bermanfaat
Punya pertanyaan atau butuh bantuan dalam menentukan strategi untuk bisnisAanda?
Hubungi kami melalui e-mail atau hotline yang tersedia
Selamat Mencoba 🙂