Salah satu problem yang dihadapi saat menggunakan media sosial adalah bagaimana mengoptimalisasi penggunaanya untuk bisa memperoleh exposure secara maksimal. Hal ini terjadi karena tidak sedikit yang belum mengetahui fitur dan strategi apa yang sebaiknya digunakan untuk melakukan hal tersebut. Artikel ini akan membahas bagaimana memanfaatkan Hashtag, sebagai salah satu cara mengoptimalkan exposure di media sosial kita secara organik.
Hashtag merupakan salah satu solusi yang efektif untuk memperluas exposure content kita agar lebih banyak dilihat oleh target audience, baik dalam bentuk video maupun bergambar. Lewat hashtag, kita dapat mengkategorikan postingan di Instagram, sehingga memungkinkan audiens yang mungkin belum mem-follow kita atau bahkan mengetahui kita, dapat ter-expose dengan konten yang kita buat dan kategorisasikan.
Hashtag memberikan sumbangan yang cukup tinggi, terutama pada penambahan exposure di audience baru, bahkan hingga menjadi followers. Namun sebagai catatan, konten yang diberikan memang harus memiliki kualitas yang baik untuk dilihat, dan pada akhirnya menimbulkan interaksi bersama dengan audience kita.
Kategorisasi Hashtag
Popular Hashtag
Kategori yang termasuk didalamnya merupakan hashtag yang sangat populer. Salah satu indikator nya yakni ada sekitar puluhan hingga ratusan juta postingan yang telah di unggah menggunakan hashtag tersebut. Sehingga akan lebih baik jika penggunaanya tidak menjadi prioritas utama, tetapi lebih digunakan untuk menunjukan maksud dari konten kita.
Trend Hashtag
Kategori selanjutnya berkaitan dengan trend yang terjadi atau berkaitan dengan suatu fenomena. Biasanya jenis hashtag ini memiliki durasi yang singkat, dan hanya efektif pada periode tertentu. Misalnya seperti #worldcup. Ketika event piala dunia telah selesai, maka hashtag tersebut sudah tidak relevan ketika digunakan, apalagi untuk content yang tidak ada hubungannya dengan world cup. Kecuali jika memang konten yang ingin diberikan terkait dengan throwback mengenai world cup yang baru bisa dikatakan cocok. Perlu diingat hashtag kategori ini dapat masuk kategori hashtag popular ketika sudah terlalu banyak yang menggunakan, jadi kita juga harus cerdas dalam menggunakan hashtag kategori ini.
Specific Hashtag
Hashtag yang satu ini relevan dan cocok untuk digunakan dalam memperluas exposure meskipun akun kita terbilang masih baru. Contoh ketika kita berjualan kue, maka penggunaanya bisa mengarah pada jenis kue apa yang kita produksi, atau siapa target market dari kue tersebut. Misalnya penggunaan hashtag #kueulangtahun, atau #kuepengantin.
Signature Hashtag
Kategori terakhir adalah menggunakan Hashtag yang kita buat sendiri untuk menunjukan bisnis kita atau campaign yang sedang kita jalankan. Biasanya penggunaanya mencantumkan nama brand kita, atau nama campaign yang sedang dijalankan. Hal ini berguna ketika kita ingin melihat sejauh mana efektivitas dari campaign berdasarkan exposurenya, atau bisa juga untuk memberikan kepada audience agar bisa terkoneksi lewat kita dengan membuat konten dan menggunakan hashtag kita untuk terkoneksi dengan brand.
Tips Memilih Hashtag
Setelah kita mengetahui bagaimana kategorisasi dari hashtag yang ada, saat nya kita mengetahui bagaimana memilih hashtag yang akan digunakan. Berikut adalah tips yang bisa dipraktekan:
Gunakan nama akun atau niche kita
Agar konten kita bisa dilihat target audience kita dengan tepat, maka cara terbaik adalah dengan memilih hashtag yang sesuai dengan penamaan niche kita. Semakin spesifik penggunaanya akan menyebabkan target audience semakin tepat sasaran. Kemudian penting bagi kita untuk mengetahui kata kata apa yang digunakan oleh audiens ketika ingin melihat konten yang terkait dengan industri kita.
Misalnya ketika kita menargetkan untuk spesifik untuk produk sepatu kita. Maka contoh hashtag yang bisa digunakan adalah #Collegesneakers atau #sepatusecondhand.
Gunakan Rumus 1:100
Popularitas hashtag dan jumlah followers harus Anda perhitungkan. Semakin banyak pengguna hashtag yang juga ingin kita gunakan, maka semakin sulit bagi konten kita untuk dilihat target audience kita. Untuk lebih mempermudah memperkirakannya, kita bisa menggunakan formula perbandingan 1: 100. Jadi ketika Anda memiliki 100 followers, maka hashtag yang dijadikan acuan itu adalah hashtag yang memiliki 10K postingan atau bahasa sederhananya adalah hashtag yang berkategori puluhan ribu postingan.
Coba Prinsip 2:1
Setelah menggunakan formula 1:100 untuk pemilihan hashtag yang digunakan. Selanjutkan kita bisa menggunakan prinsip 2 berbanding 1.Penjelasan sederhananya adalah setiap 2 hashtag dengan kategori specific atau signature dikombinasikan dengan hashtag popular atau trend. Hal ini bisa memberikan kemungkinan agar kita mendapatkan audience dari layer yang berbeda sehingga exposure yang diberikan akan semakin luas.
Latihan Menggunakan Hashtag
Sebagai penutup, berikut adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk melatih dalam membuat hashtag yang optimal. Selama dilakukan dengan benar dan konsisten, latihan ini bisa berdampak besar pada perkembangan akun instagram kita.
- Coba ditulis beberapa akun IG yang sejenis dengan akun IG kita, karena kita akan menganalisa dan menggunakan hashtag “racikan“ mereka.
- Kemudian mencari akun yang followersnya masih ribuan, maksimal puluhan ribu , biasanya yang followersnya ratusan ribu mereka sudah tidak menggunakan hashtag, karena audience mereka sudah terbentuk.
- Cari yang interaksinya lumayan bagus , terkait like dan komentarnya.
- Jika udah ambil satu set hastag di salah satu postingan mereka yang terdapat interaksi cukup baik, lalu coba copy paste ke postingan kita.
- Jika ada hashtag yang tidak relevan seperti #lfl #fff #follow4follow bisa Anda hapus.
- Bisa lebih bagus hasilnya ketika content yang kita miliki itu lebih bagus dan berpotensi viral dari mereka.
- Bisa lebih jelek ketika content yang kita posting itu tidak menarik dan ditambah followers dari Akun IG kita jumlahnya dibawah akun IG mereka.
- Bisa juga content kita sama dengan mereka namun masih kalah dengan akun IG yang memiliki followers lebih banyak dari followers kita.
Jangan cuma dibaca apalagi dilihat doang
Tapi juga dipraktekan segera untuk melihat hasilnya di bisnis kita
Jangan lupa share dan like postingan ini
Agar makin banyak orang yang mendapat manfaatnya
Butuh bantuan untuk mengoptimalisasikan digital platform anda?
Ceritakan masalah dan harapan anda melalui nomor hotline kami.
Selamat Mencoba!
Go check another platform of ours
Instagram
Podcast
Facebook
Twitter