Media sosial bukan cuma soal mendapatkan atensi, exposure, atau awareness untuk bisnis. Ketika kamu tau caranya, media sosial bisa bantu tingkatkan sales, bahkan sumber penjualan utama dari bisnis kamu. Namun dalam melakukannya memang butuh sedikit strategi dan trik agar bisa melakukannya dengan lebih baik.
Berikut beberapa tips untuk bantu tingkatkan penjualan melalui media sosial
1. Gunakan Media Sosial dimana Audiens kamu paling banyak berada
Tentunya pertama kamu harus tau dulu siapa target audiens kamu, pembahasan mengenai cara menentukannya bisa kamu cek di artikel krew lainnya disini. Setelah itu, kamu bisa fokus di 1-2 platform media sosial dimana target audiens kamu berada. Memang hadir di semua platform akan jauh lebih baik, tapi tentu dengan keterbatasan tenaga dan sumber daya, sebaiknya memulai dengan fokus pada kualitas nya.
Usia Dewasa mungkin akan lebih senang membuka Instagram, Twitter, maupun Spotify. Sementara Usia Remaja akan lebih sering mengakses Tiktok, Youtube, dan Instagram. Lain lagi jika target kamu adalah ibu rumah tangga, mungkin whatsapp dan facebook justru jauh lebih efektif dibandingkan platform lainnya
2. Buat konten tanpa terlihat terlalu menjual tentang bisnis kamu
Perlu diingat bahwa ini adalah media sosial, dimana kebanyakan orang rata rata meluangkan waktunya untuk mencari sesuatu yang menyenangkan atau minimal bermanfaat dengan kemasan yang tidak terlalu berat.
Fokus untuk memberikan konten berisi informasi dan manfaat yang mereka dapatkan dibandingkan dengan menjelaskan fitur produk secara terang terangan dan terperinci. Selain itu, buat segala sesuatu relate dengan audiens sehingga konten akan terasa dekat dengan mereka yang mengkonsumsinya
3. Buat orang jadi lebih mudah ketika ingin membeli produk kamu
Ketika audiens tertarik, jangan sampai kehilangan momentum dan kesempatan untuk membuat mereka membeli produk kamu. Beberapa media sosial bahkan sudah menambahkan fitur untuk memudahkan audiens untuk bisa berbelanja seperti instagram dan facebook shop. Maksimalkan juga fitur swipe up atau setidaknya memberikan link website hingga whatsapp untuk order di profile media sosial kamu.
4. Lakukan Aktivasi di Internal Media maupun menggunakan pihak ketiga
Selain tentunya memaksa dengan social media ads, sisihkan budget untuk membuat aktivasi agar audiens terdorong untuk melakukan pembelian. Misalkan dengan Giveaway atau Challenge berhadiah voucher belanja serta potongan diskon. Strategi ini juga sekaligus bisa menaikan exposure kamu secara signifikan.
Manfaatkan juga keberadaan influencer di setiap media sosial untuk membantu memberikan kepercayaan kepada audiens mereka agar mau membeli produk. Pastikan memilih influencer yang sesuai dengan target audiens, identitas atau positioning bisnis kamu, serta budget yang dimiliki untuk membayar mereka.
Kesimpulan
Media sosial saat ini sangat berpotensi memberikan kontribusi besar bagi bisnis yang kamu jalankan. Mengetahui strategi yang tepat dan menjalankan secara konsisten adalah kunci agar bisa sukses memanfaatkan media sosial. Sebagai penutup, semua yang dilakukan di media sosial tidak akan ada artinya jika bisnismu sendiri belum siap. Jadi selain fokus pada kegiatan di media sosial, pastikan segala sesuatunya mulai dari penentuan harga, operasional, dan lainnya telah berada di kondisi yang sangat siap.