Sobat Krew, kalian tahu, nggak, kalau merek itu punya kekuatan tersendiri? Yap, pemilihan nama merek dalam business itu penting, Sobat Krew! Walaupun nama merek itu terlihat biasa saja, tapi sebenarnya merek itu punya power, loh. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui hal selengkapnya!
Hmmm, merek itu apa, ya?
Jadi, seperti yang kita ketahui, bahwa merek merupakan atribut utama dari produk secara grafis berupa gambar, logo, nama, hingga susunan warna yang bisa menjadi alat untuk mengetahui siapa penjual atau produsen merek. Kesimpulannya, merek adalah tanda pengenal dari suatu produk, nih, Sobat Krew.
Btw, penting, nggak, sih, merek tercipta?
Jawabannya adalah penting! Merek itu tidak cuma-cuma tercipta begitu aja, tapi merek punya fungsi, nih, di dalamnya, yaitu
- Product identity
Sebagai tanda pengenal produk kamu yang bisa membedakan dengan pihak competitor. - Means of trade promotion
Sebagai alat promosi untuk menarik konsumen. - Quality guarantee
Sebagai jaminan perlindungan atas mutu barang/jasa bagi konsumen. - Source of origin
Sebagai tanda pengenal asal barang atau jasa tersebut dihasilkan.
Wow, The Power of Merk!
Sumber: Shutterstocks
Namun, tahukah Sobat Krew kalau pemilihan merek itu penting, loh, buat brand kamu. Soalnya, merek itu bisa menjadi simbol suara dari produk kamu yang nantinya bisa tersimpan di dalam pikiran dan hati konsumen. Nah, keuntungan kalau kamu bikin merek yang punya power, yaitu kamu bisa mendorong konsumen untuk membeli produk kamu, membangun dan memperkuat nilai merek kamu di mata konsumen, sampai menciptakan kesan pertama pada konsumen dengan posisi yang khusus. Misalnya, merek Channel yang sukses menciptakan kesan elegan dan berkelas bagi konsumennya.
Tips and Tricks agar Merek Kamu Semakin Kuat
Eits, tapi tenang aja, Sobat Krew. Kamu bisa terapkan hal ini jika mau merek kamu punya power di mata konsumen:
- Ciptakan merek yang mudah diingat
Misalnya, menciptakan simbol, logo, hingga nama yang mudah diingat dan diucapkan oleh konsumen plus unik! Agar nantinya merek kamu bisa menarik perhatian calon konsumen untuk membeli produk kamu. - Ciptakan merek yang mudah dikenal melalui trade dress.
Misalnya, melalui penampilan visual produk kamu, yaitu pengemasan produk dan pesan yang disampaikan kepada konsumen. - Ciptakan reputasi merek yang baik
Misalnya, membentuk persepsi positif tentang business kamu kepada konsumen. Soalnya, persepsi konsumen terhadap business kamu itu menjadi pegangan konsumen untuk tidak atau membeli produk kamu, loh. Contohnya, acara yang dibuat oleh AQUA untuk membersihkan pantai di Bali dari sampah. Program ini pun sukses membentuk persepsi di masyarakat kalau AQUA adalah perusahaan yang berkomitmen dalam menjaga lingkungan, Sobat Krew.
Bagaimana, Sobat Krew? Sekarang sudah menjadi tahu, kan, kalau merek memegang peran penting dan memiliki kekuatan dalam business kamu? Yuk, ciptakan merek yang dapat menjual produk kamu dan bisa menyampaikan maksud yang ingin kamu sampaikan kepada konsumen kamu!
Nantikan selalu ulasan dari Digital Krew mengenai perkembangan karier, tips and tricks terkait media sosial dan marketing, hingga cerita kehidupan agensi di episode selanjutnya, ya! Selain itu, jika Sobat Krew ingin melihat konten-konten lain dari Digital Krew, Sobat Krew juga dapat mengunjungi akun Instagram Digital Krew di @digitalkrew.id. Semoga bermanfaat!
Referensi:
- 2022. Danone-AQUA Bersama Mitra-mitranya, Kembali Ikuti Acara Tahunan yang Ke-6 Bali’s Biggest Clean Up. Dapat diakses melalui: https://aqua.co.id/danone-aqua-bersama-mitra-mitranya-kembali-ikuti-acara-tahunan-yang-ke-6-balis-biggest-clean-up-2022.
- Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI. 2019. Merek. Dapat diakses melalui: https://dgip.go.id/menu-utama/merek/pengenalan.
- Chalil, R D., et al. 2020. Branding, Islamic Branding, & Rebranding: Peran Strategi Merek dalam Menciptakan Daya Saing Industri dan Bisnis Global. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
- Sitorus, S. A., et al. 2022. Brand Marketing: The Art of Branding. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.
- Suryadi, A. 2022. Hak Kekayaan Intelektual: Perlindungan dan Kepastian Hukum dalam Pendaftaran Merek dengan Menggunakan Sistem Konstitutif. Malang: Intelegensia Media.