Pemasaran adalah tentang membangun kesadaran akan produk Anda dan membangun hubungan. Semua orang ingin menjadi pengusaha hari ini. Tidak sekedar bekerja untuk perusahaan, tetapi ingin membuat produk atau layanan mereka sendiri. Pemasaran sendiri ialah tentang bagaimana kita dapat membujuk orang untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan. Tanpa kita sadari, ini terjadi dimana saja dan kapan saja.
Sebagai contoh, saat kita sedang mengantri di lampu merah, lalu ada pedagang kaki lima yang menghampiri dan menawarkan dagangannya, ini termasuk dari pemasaran, agar kita membeli produk yang mereka jual. Atau pernahkah Anda melihat pedagang hanger yang bahkan mendemokan dagangannya dipinggir jalan dengan membawa gantungan baju dan beberapa baju untuk menjelaskan fungsi dari hanger yang dijual. Ini adalah strategi yang mereka gunakan agar orang tertarik dengan produk mereka.
Pemasaran adalah fondasi kesuksesan, apa pun industri yang Anda geluti, atau produk atau layanan apa pun yang telah Anda buat. Berikut ini panduan pemasaran 101 yang akan menjelaskan cara memasarkan bisnis Anda. Simak artikel ini hingga selesai.
Dengan adanya perkembangan digital, pemasaran saat ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Pemasaran adalah tentang memperkenalkan nama Anda, membangun kesadaran akan produk dan bisnis Anda, dan yang paling penting ialah membangun hubungan terhadap pelanggan untuk menghasilkan pembelian berulang dan mendapatkan loyalitas dari mereka. Dasar-dasar yang perlu diperhatikan ialah:
Kenali Target
Salah satu prinsip pemasaran yang paling mendasar adalah ini bukan tentang Anda, ini tentang pelanggan Anda. Luangkan waktu dan melalukan survei untuk mengenal pelanggan Anda, kemudian buat persona pembeli dan rencana pemasaran Anda sesuai dengan apa yang telah Anda pelajari.
Hubungkan Semua Saluran
Saat ini ada banyak sekali saluran atau platform yang bisa kita gunakan untuk menjadi alat pemasaran. Jika Anda ingin menggunakan beberapa saluran bersamaan, Anda perlu memastikan semua saluran ini terhubung sehingga berfungsi untuk Anda.
Misalnya, pelanggan mulai mengikuti Anda di Instagram. Mereka kemudian mengklik link di akun Instagram Anda, yang membawa mereka ke posting blog. Mereka menyukai artikel tersebut, jadi mereka mendaftar ke buletin Anda.
Mereka kemudian mengklik tautan ke produk dari buletin Anda dan melakukan pembelian. Ini adalah contoh pemasaran media sosial, pemasaran konten, dan pemasaran email yang semuanya bekerja sama untuk menghasilkan penjualan.
Pastikan Semua Dapat Ditindaklanjuti
Inti dari pemasaran adalah membuat pelanggan melakukan sesuatu, mengambil tindakan. Apakah tindakan itu adalah mengklik tautan, berlangganan dengan situs atau mengikuti Anda, atau membagikan produk Anda di media sosial. Anda memerlukan ajakan bertindak. Anda harus memperjelas apa yang Anda ingin seseorang lakukan, serta mengapa Anda ingin mereka melakukan tindakan itu dan apa untungnya bagi mereka.
Brikut beberapa saluran dan strategi pemasaran terbaik untuk dilakukan, diantaranya ialah:
- Email Pemasaran
- Pemasaran Konten
- Pemasaran dari mulut ke mulut
- Pemasaran media sosial
- pemasaran melalui SMS
- Pencarian berbayar
- Pencarian organik
- Pemasaran melalui situs web
Pemasaran adalah tentang waktu. Perlu konsistensi untuk melakukannya. Semakin banyak Anda menguji, mengukur, dan mengoptimalkan, semakin banyak wawasan yang akan Anda dapatkan, dan semakin jelas apa yang perlu Anda lakukan untuk memenangkan lebih banyak bisnis.