Seperti yang sudah kita ketahui, media sosial masih menjadi platform terbaik untuk memasarkan produk atau jasa. Terlebih saat ini beberapa media sosial memang sudah menyediakan fitur khusus untuk berbisnis seperti instagram dan facebook misalnya. Tetapi baru-baru ini, para pemasar mencoba memasarkan produk atau jasanya melalui aplikasi Tiktok. Mengingat semakin banyak orang dari berbagai kalangan yang menggunakan Tiktok membuat para pejuang small bisnis bahkan yang sudah memiliki bisnis yang cukup besar juga ikut serta memasarkan produk yang dijualnya.
Teman-teman, pasti sudah gak asing lagi, dong, dengan aplikasi yang satu ini. Biasanya, pada saat memasarkan personal brandnya mereka akan menyajikan berbagai konten promosi berupa video untuk menarik para calon pembelinya dan gak jarang beberapa dari mereka yang memasarkan produknya di Tiktok mengaku kalau jualannya lebih laris saat mereka memasarkan di tiktok daripada harus melakukan paid promote dengan selebgram, lho.
Nah, untuk kamu yang memiliki bisnis dan mau mencoba memasarkan produk atau jasa di tiktok, berikut ada beberapa tips yang harus kamu ketahui, nih. Langsung kita simak, yuk!
1. Memanfaatkan fitur di aplikasi Tiktok
Tiktok memiliki banyak sekali fitur yang bisa membantu penggunanya untuk membuat video konten menjadi lebih menarik, lho. Fitur tersebut berupa penambahan musik, voice charger function, sticker dan juga efek, timer hingga beautify banyak banget, kan?
Jadi, jika kamu gak perlu repot-repot lagi mengunduh aplikasi tambahan untuk mengedit video atau sekedar menambahkan musik.
2. Membuat konten video sesuai tren
Untuk menarik perhatian pengguna tiktok, mengunggah video dengan kualitas yang baik aja gak cukup. Kamu harus lebih memikirkan bagaimana, sih, cara untuk membuat konten video yang menarik? Nah, tips nya adalah kamu bisa membuat konten video tersebut secara bertahap. Seperti, untuk postingan pertama kamu bisa memperkenalkan apa, sih, yang kamu jual, lalu selanjutnya kamu bisa memposting bagaimana sistem penjualan kamu, atau juga bisa memposting bagaimana cara kamu mempacking barang yang dijual dan sebagainya.
Selain itu, dalam pembuatan konten video tersebut kamu bisa menyelipkan foto-foto yang masih terkait dengan kontenmu. Jangan lupa ya tambahkan musik atau filter yang lagi trend di Tiktok, agar peluang konten video kamu di tonton semakin banyak.
3. Gunakan hastag
Penggunaan hastag menjadi salah satu part terpenting dalam melakukan promosi personal brand. Hal ini dikarenakan hastag dapat membantu konten promosi tersebut bisa cepat dikenal atau di lihat oleh banyak orang. Kamu bisa menggunakan hastag yang sesuai dengan konten video yang telah kamu buat. Seperti, #cookies #cookieshomemade #cookiesjakarta dan sebagainya.
Jika di tiktok, kamu juga bisa, nih, menambahkan hastag yang biasanya sedang viral. Hal ini juga bertujuan agar video kamu muncul di timeline para pengguna tiktok. Hastag yang bisa kamu gunakan #fyp #foryourpage #smallbusiness dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin melihat hastag apa saja yang sedang viral, kamu bisa mengklik bagian ‘ditemukan’ dan di halaman tersebut akan menampilkan hastag-hastag dan juga video-video yang memiliki jumlah views yang banyak yang bisa juga kamu jadikan inspirasi. Mudah banget, kan?
4. Membuat caption yang menarik
Selain penggunaan hashtag, membuat caption yang menarik juga gak kalah pentingnya, lho, dalam memasarkan produk. Bahkan gak jarang beberapa pejuang bisnis yang hanya memperhatikan kualitas konten saja tanpa dilengkapi dengan caption yang jelas.
Seperti yang kita ketahui, ya, teman-teman, yang namanya ingin mengenalkan personal brand ke khalayak umum tentunya, dong, kita harus memperhatikan segalanya secara jelas. Mulai dari kualitas konten, penggunakan caption yang menarik serta hastag dan lain sebagainya. Dengan begitu para calon pembeli juga akan merasa kalau kamu benar-benar niat dalam berjualan.
5. Memposting di waktu yang tepat
Dan yang terakhir yang bisa kamu perhatikan adalah memposting konten video kamu di waktu-waktu yang tepat. Mengapa demikian? Karena itu bisa saja membuat konten kamu menjadi sia-sia, sepi penonton. Maka dari itu, pilihlah waktu terbaik untuk kamu memposting konten. Biasanya, waktu terbaik untuk memposting konten adalah antara pukul 10 pagi hingga jam 1 siang, nih, teman-teman. Hal ini dikarenakan jam-jam tersebut menjadi waktu luang dari berbagai kalangan istirahat dari aktivitasnya, sehingga kebanyakan dari mereka menggunakan waktu tersebut untuk membuka aplikasi Tiktok.
Itu tadi adalah tips-tips yang bisa kamu coba jika kamu ingin mencoba memanfaatkan media sosial tiktok untuk melakukan promosi personal brand kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!