Ini Cara Efektif Untuk Membuat Kalender Konten Sosial Media

Kalender konten adalah faktor terpenting dalam keberhasilan strategi media sosial. Karena hal Ini lebih dari hanya sekadar memilih foto, copywriting, dan menjadwalkannya untuk diposting, tetapi untuk mengatur konsistensi kinerja media sosial Anda. Merencanakan konten Anda memudahkan tim Anda untuk berkolaborasi, membuat, dan berbagi konten. Lantas bagaimana cara membuat kalender konten yang efektif? Simak penjelasannya hingga akhir.

1. Meninjau Target Konten

Dalam membuat sebuah konten, Anda tentu memerlukan gagasan dan rencana yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Anda harus memiliki tujuan untuk konten yang akan diposting di sosial media. Dengan mengetahui target dan tujuan yang akan dicapai, Anda akan lebih mudah dalam membuat konten yang mendorong kesuksesan tujuan Anda. Cari tahu juga cara untuk mengukur kesuksesan dari kinerja konten Anda.

2. Mengaudit Akun Media Sosial

Jika Anda telah mengetahui gambaran atau rancangan yang jelas, maka selanjutnya ialah mengaudit akun media sosial Anda. Periksa data-data serta laporan yang ada. Informasi ini sangat penting, karena akan digunakan sebagai landasan dasar media sosial Anda. Jika memiliki data ini, Anda akan lebih mudah dalam menguji perubahan yang telah dilakukan dan dapat membantu untuk menyesuaikan strategi selanjutnya.

Beberapa data yang perlu Anda kumpulkan antara lain ialah detail akun, tujuan spesifik untuk setiap platform yang digunakan, demografi audience, informasi tentang konten terpopuler, hingga konten terburuk untuk perbaikan.

3. Memilih Platform Yang Akan Digunakan

Saat ini ada banyak sekali platform media sosial yang berkembang sangat pesat, mulai dari Facebook, Instagram, Tiktok, dan masih banyak lagi. Setiap platform yang ada memiliki demografi audience serta algoritma yang berbeda. Sehingga Anda perlu menyesuaikan setiap konten yang akan diposting dengan audience platform yang digunakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih platform media sosial yang tepat agar konten Anda mengenai sasaran.

4. Mengatur Jadwal Tayang Konten

Tujuan dari pembuatan kalender konten media sosial ini ialah untuk memastikan bahwa setiap konten yang akan diposting dapat berjalan efektif sesuai dengan jadwal perencanaan. Akan tetapi banyak beberapa konten kreator yang akhirnya terlambat menayangkan konten sesuai jadwal. Hal ini biasanya terjadi karena kelalaian atau sumber daya yang kurang memadai.

Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu berepa jumlah konten yang akan ditayang setiap minggunya. Setelah mengaetahui jadwal tayang konten, mulailah mengumpulkan elemen-elemen yang diperlukan seperti gambar, video, copywriting, caption, hastag dan yang lainnya. Sesuaikan konten Anda dengan sumber daya yang Anda miliki agar semua dapat berjalan dengan lancar dan konsisten.

5. Menentukan Jenis Konten

Dalam membuat konten pada media sosial terdapat aturan 80/20. Yang dimaksud dengan aturan 80/20 ialah 80 persen dari konten Anda harus dirancang untuk memberikan informasi dan mendidik audience, sedangkan 20 persen lainnya digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda secara langsung. Menggunakan aturan ini akan membantu Anda dalam mencapai keseimbangan antara melibatkan audience dan juga produk yang Anda tawarkan.

Beberapa langkah tersebut akan membantu Anda dalam membuat kalender konten yang efektif untuk sosial media. Jika langkah-langkah di atas telah dilakukan, saatnya untuk eksekusi pembuatan kalender konten. Ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan kalender ini, namun yang paling umum digunakan adalah notion, excel, dan docs. Anda hanya perlu membuka lembar baru, dan bagi kalender Anda menjadi beberapa minggu. Gunakan kolom di bagian atas untuk menetapkan tanggal postingan, serta masukkan jenis konten, judul, tema, link (untuk referensi atau sumber) dan visual ke dalam kalender Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu