Instagram menjadi primadona media sosial di era saat ini Pertumbuhan yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi bukti. Hampir setiap orang di dunia mengakses Instagram , termasuk Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna dan penggunaan Instagram terbesar di dunia.
Sumber: https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia
Beberapa alasan di bawah ini merupakan rangkuman dan menjadi gambaran kenapa semua perusahaan dan brand saat ini harus menjadikan Instagram sebagai media utama untuk meningkatkan bisnisnya.
Mostly, We Are A Visual Person and Picture Can Talk A Thousand Words
Secara psikologis, kebanyakan manusia lebih cepat menangkap informasi jika diberikan dalam bentuk visual dan berbentuk gambar. Selain karena sifatnya yang lebih mudah dan lebih menarik perhatian, Sebuah gambar dapat bercerita lebih banyak dibandingkan dengan beratus-ratus kata. Brand seperti Nike sangat memanfaatkan Instagram untuk bisa mengkomunikasikan nilainya.
Dengan menggunakan gambar yang mempunyai makna, Nike meminimalisir penggunaan caption dan membiarkan audiens menangkap pesan yang dimaksud melalui sebuah gambar.
Build A Personality for Your Business
Personality dan brand image akan lebih mudah ditanamkan dalam audiens secara visual, apalagi didukung oleh konsistensi dalam design dan tone of voice-nya. Karena itu Instagram menjadi salah satu media sosial yang tepat untuk membangun personality.
Keeps Your Name in Conversation
Dengan banyaknya pengguna Instagram, dan semakin bertumbuh setiap waktunya, Keberadaan sebuah brand di media sosial ini menjadi hal yang harus menjadi prioritas. Hal ini bisa membuat audiens akan tetap mengingat dan membicarakan brand kita selama kita hadir secara konsisten.
Easy to Go Viral with Biggest Name in Entertainment Industry
Dengan keberadaan yang masih dibilang baru dibandingkan media yang lain seperti Facebook ataupun media konvensional lainnya, persaingan antar brand akan lebih seimbang. Budget yang tidak terlalu mahal dan didukung dengan algoritma Instagram yang selalu memberikan rekomendasi terkait dengan apa yang kita akses akan menyebabkan brand yang tidak terlalu besar akan mendapatkan efek domino dari sebuah brand yang lebih besar di field yang sama.
Provide to Reach New Audience Easily with Discover Features
Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, secara algoritma, Instagram memudahkan sebuah brand untuk mendapatkan audiens baru melalui Discover dan Explore. Artinya jika ada audiens yang menyukai dan memberikan engagement seperti likes, algoritma akan memberikan exposure kepada orang-orang yang berada di circle audiens tersebut dan juga dengan audiens yang memiliki ketertarikan yang sama.
Light and Mobile Fit Application
Salah satu hal yang menjadi kunci kesuksesan Instagram adalah aplikasinya yang sangat mudah untuk diakses melalui smartphone. Karena dengan perkembangan perilaku audiens saat ini yang lebih sering mengakses segala sesuatu lewat smartphone (vertikal) dibandingkan dengan PC atau desktop (horizontal), maka secara otomatis Instagram akan lebih friendly untuk diakses. Selain itu, aplikasinya yang ringan dan tidak mengambil mobile data yang terlalu banyak menjadi faktor lain dari kesuksesan Instagram ini.
Berdasarkan penjabaran di atas, kita sudah mengetahui alasan di balik kesuksesan media sosial ini. Pertanyaanya adalah, bagaimana kunci untuk bisa sukses di Instagram?
Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan dan dipraktekan.
[wpdatatable id=3 table_view=regular]
Salah satu hal yang menjadi kunci kesuksesan Instagram adalah aplikasinya yang sangat mudah untuk diakses melalui smartphone. Karena dengan perkembangan perilaku audiens saat ini yang lebih sering mengakses segala sesuatu lewat smartphone (vertikal) dibandingkan dengan PC atau desktop (horizontal), maka secara otomatis Instagram akan lebih friendly untuk diakses. Selain itu, aplikasinya yang ringan dan tidak mengambil mobile data yang terlalu banyak menjadi faktor lain dari kesuksesan Instagram ini.