Teman-teman yang sudah akrab dengan dunia digital marketing mungkin sudah akrab dengan istilah konversi. Dalam pemasaran, istilah konversi digunakan untuk merujuk pada pengunjung yang melakukan tidakan lebih lanjut pada website atau toko online, dalam kata lain pengunjung bukan hanya melihat-lihat katalog dan wesbite tetapi mulai tertarik untuk mengeksplor lebih hingga melakukan pembelian.
Tingkat konversi yang tinggi pada sebuah website atau toko online menunjukkan bahwa penjualan pada bisnis juga meningkat, maka dari itu penting sekali untuk memahami cara untuk meningkatkan konversi terutama melalu media sosial. Berikut 6 langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai konversi tersebut.
1. Tentukan Tujuan
Dalam mengelola website dan dan sosial media, memiliki tujuan yang jelas itu sangat penting, seperti tujuan untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan traffic ke situs web. Hal ini akan membantu kamu untuk menentukan strategi yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
2. Pilih Platform yang Tepat
Platform media sosial yang tepat dapat membantu kamu bertemu denga audiens yang sesuai dengan target. Sebagai contoh, kalau kamu menjual produk makanan, maka TikTok mungkin menjadi pilihan platform yang tepat karena memiliki banyak pengguna yang mudah tergoda dengan footage makanan-makanan yang lezat.
3. Buat Konten yang Menarik
Jika kamu adalah pengguna media sosial, pasti sudah paham kan sering posting konten tidak menentukan besarnya engagement yang bisa didapatkan. Pastikan kamu membuat konten-konten yang memiliki kualitas tinggi dan tentunya menarik, selain itu pastikan juga bahwa konten yang kamu buat dapat bermanfaat. Hal ini memberikan nilai tambah untuk kontenmu agar terpilih menjadi konten yang akan disebarluaskan lebih oleh platform yang kamu gunakan.
4. Gunakan Call to Action
Call to Action adalah sebuah kalimat pendek yang ditampilkan pada sebuah konten atau deskripsi konten dan bertujuan untuk memengaruhi pembaca agar melakukan sesuatu. Penggunaan kalimat call to action ini dapat kita gunakan untuk meningkatkan konversi, seperti mengujungi situs web atau membeli produk yang kita tawarkan.
5. Optimalkan Profil / Biografi
Mengoptimalkan profil / biografi akun kamu di seitap platform media sosial sangat penting sekali, selain memudahkan audiens mendapatkan informasi mengnai bisnis kamu, hal ini juga dapat meminimalisir flow yang dilewati audiens untuk melakukan konversi.
6. Lakukan Promosi Berbayar
Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk melakukan promosi berbayar melalui setiap platform media sosial yang kamu gunakan. Hal ini dapat membantu menigkatkan awareness dan visibilitas postingan kamu ke audien yang lebih luas.