Pemasaran secara digital atau biasa yang dikenal Digital Marketing adalah salah satu upaya dalam melakukan pemasaran atau promosi sebuah brand dengan menggunakan perangkat elektronik. Umumnya, digital marketing menggunakan media-media digital seperti website, media sosial, e-mail hingga aplikasi mobile.
Secara garis besar, Digital marketing memiliki tujuan yang sama dengan marketing pada umumnya, yaitu untuk memberi pengetahuan terhadap calon pembeli terkait produk ataupun jasa yang ditawarkan. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan konvensi (scale up).
Lalu, bagaimana cara membuat kerangka struktur dalam digital marketing? Apa saja yang harus kita perhatikan dan terapkan? Yuk simak artikel di bawah ini!
1. Traffic
Dalam digital marketing, traffic adalah syarat utama untuk melakukan pemasaran online. Traffic memiliki istilah lain yaitu lalu lintas, dimana dalam digital marketing traffic merupakan aktivitas yang datang maupun pergi ke saluran pemasaran yang kita miliki. Lalu siapakah yang dimaksud datang dan pergi? Mereka adalah leads atau yang biasa dikenal dengan calon pembeli.
Nah di bawah ini adalah traffic yang sering kali digunakan dalam pemasaran digital!
Object | Pengertian |
Ads | Ads adalah salah satu jenis komunikasi yang biasa dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memasarkan brand, produk ataupun layanan melalui berbagai platform dan tentunya saluran digital. Biasanya strategi ini berupa ajakan yang dilakukan untuk melakukan pembelian melalui halaman media sosial, blog, aplikasi ataupun beragam kontak lainnya yang sering digunakan di dunia maya.
Dengan adanya transformasi digital ini, perusahaan memiliki banyak sekali pilihan untuk berkomunikasi secara mudah dengan pasar dan para audiensnya. Jadi tidak perlu diragukan lagi untuk menggunakan ads dalam pemasaran digital. Sebab, ads adalah strategi yang efektif dengan memiliki manfaat untuk menarik para calon pembeli untuk melakukan identifikasi produk ataupun jasa dengan mudah. |
Content | Selanjutnya content, content dalam digital marketing dapat didefinisikan sebagai salah satu strategi marketing yang memfokuskan dalam pembuatan serta mendistribusikan konten yang relevan dan konsisten yang dimana berguna untuk mendapatkan dan menarik para calon pembeli. Content marketing memiliki tujuan akhir yaitu untuk mendapatkan keuntungan dalam sebuah bisnis.
Menurut sebuah studi oleh Aberdeen Group, membuktikan bahwa jika dalam pemasaran online melakukan strategi content marketing mampu meningkatkan conversion rate hingga 6 kali lipat. Studi tersebut juga membuktikan bahwa sebuah website yang menggunakan content marketing mampu meningkatkan conversion rate sebesar 2.9 persen, sementara itu, website yang tidak menggunakan content marketing dalam pemasarannya hanya mendapatkan rata-rata konversi sebesar 0.5 persen. Maka dari itu, dengan adanya content dalam pemasaran online ini, perusahaan mampu meningkatkan komunikasi antara brand yang dipasarkan dengan calon pembeli dan juga mampu melihat seberapa kuat dampak atau respon yang diberikan terhadap mereka. |
SEO | Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan SEO adalah suatu rangkaian usaha atau tindakan untuk memaksimalkan website agar laman website tersebut muncul di halaman pertama mesin pencarian.
Di dalam digital marketing, untuk menciptakan branding awareness sangat diperlukan kepopularitasan toko ataupun perusahaan online dan produknya. Dalam artian, semakin terkenal toko atau perusahaan tersebut semakin mudah untuk melakukan pemasaran secara online. Singkatnya seperti ini, pada umumnya calon pembeli cenderung memilih melakukan pembelian apabila ia merasa mengenal produk tersebut dan sudah percaya terhadap toko atau perusahaan online penyedia produk tersebut. Nah di sinilah mengapa SEO sangat amat diperlukan dan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap website ataupun toko online. |
2. Database
Database marketing (pemasaran berbasis data) yang juga dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM) memiliki acuan pada pengumpulan data pembeli dan calon pembeli potensial yang dimana untuk memahami kebutuhan mereka dan dengan menggunakan komunikasi secara personal. Singkatnya data base dalam pemasaran online yang memiliki cangkupan untuk memahami, mengelola data pelanggan.
Dalam suatu perusahaan atau toko online, memiliki data base yang akurat bisa diartikan seperti memiliki senjata yang ampuh bagi para pebisnis dikarenakan pentingnya pengolahan database.
Salah satu bagian dari data base adalah landing page atau dapat diartikan sebagai laman website yang dapat diakses dan dikunjungi oleh pelanggan. Dalam dunia digital marketing, landing page memfokuskan pada sebuah laman yang dibuat secara khusus dan mandiri. Landing page juga memiliki desain yang didedikasikan secara khusus, sesuai dengan produk ataupun informasi yang ditawarkan oleh perusahaan.
3. Community
Community marketing merupakan strategi pemasaran yang dimana bisnis tersebut turut aktif melakukan interaksi dengan komunitas konsumennya. Community dalam pemasaran online ini berfokus untuk membangun serta mempertahankan relasi baik antara perusahaan atau toko online dengan konsumennya.
Untuk melakukan pemasaran, community ini juga dapat dijadikan sebagai sarana promosi untuk membantu meningkatkan penjualan ataupun mendapatkan pelanggan baru. Hanya saja strategi ini pebisnis harus melakukanya secara halus dan dijalankan dalam jangka yang panjang.
Untuk lebih jelasnya, ada dua tools community yang paling sering digunakan. Yuk simak agar gak bingung lagi!
Grup Facebook | Grup Facebook adalah salah satu fitur dari facebook yang dimana menyediakan fitur yang beragam terhadap pemilik halaman. Hal tersebut berguna untuk membangun komunitas yang interaktif serta relevan antara pelanggan dan calon pelanggan di dalam grup tersebut. |
Telegram | Grup Facebook menyediakan platform dan beragam fitur kepada pemilik Halaman untuk membangun komunitas yang interaktif dan relevan antara pelanggan lama dan calon pelanggan. Grup adalah hub di mana percakapan penting terus berkembang antara merek dan pelanggan, serta antar pelanggan itu sendiri. |
4. Shop: Marketplace
Istilah Shop atau yang bisa dikenal dengan sebutan Marketplace saat ini mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Marketplace merupakan tempat dimana penjual menyajikan beragam produk yang sama dan pembeli yang memiliki minat yang sama.
Singkatnya, marketplace adalah suatu wadah yang dimana menjadi titik temu antara pembeli dan penjual, seperti makna pasar yang sebenarnya.
Di era serba digital yang mendominasi, online marketplace adalah salah satu platform yang banyak dikunjungi. Hal tersebut dikarenakan adanya online marketplace dinilai lebih memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi.
5. Consideration
Consideration adalah tahapan dimana calon pembeli mencari ataupun mendapatkan info lebih banyak mengenai produk-produk yang diinginkan. Dalam tahapan ini, calon pembeli juga akan membanding-bandingkan antara merek satu dan lainnya untuk mendapatkan produk yang diinginkannya.
Salah satu tools yang biasa digunakan dalam tahapan ini adalah email marketing. Sesuai dengan namanya, pemasaran menggunakan tools ini bersifat langsung antara perusahaan dengan calon pembeli atau pembeli tetap, seperti menyampaikan informasi produk kepada konsumen, melakukan penawaran dan sebagainya. Selain itu, email marketing juga memiliki fungsi sebagai wadah untuk berinteraksi dengan pelanggan.
Karena hal tersebut, kemungkinan besar para calon pelanggan akan menerima email di setiap harinya. Oleh karena itu kamu harus menerapkan beberapa strategi yang efektif agar email-email yang sudah kamu kirimkan ke pelanggan dibaca. Salah satu caranya, kamu bisa mencari tahu kapan waktu yang sesuai untuk mengirim email. Jika toko atau perusahaan kamu memiliki dana lebih, kamu bisa menggunakan jasa email marketing tools agar lebih maksimal.
Nah, itu tadi adalah cara untuk membuat kerangka struktur dalam digital marketing yang bisa kamu pahami sebelum memulai bisnis. Semoga bermanfaat!