Cara Menambah Exposure Hanya dengan Profile Instagram

Membuat profil Instagram yang menarik dan kreatif akan menarik perhatian audiens kita. Sehingga hal ini harus diperhatikan oleh perusahaan, brand, bahkan influencer.

Profil Instagram yang baik akan menunjukkan identitas brand kita, membuat audience mengerti alasan dari keberadaan kita, serta meyakinkan orang terhadap kredibilitas kita.

Berikut adalah beberapa elemen kunci yang dibutuhkan untuk membuat bio Instagram kita menjadi lebih baik lagi:

Gunakan keyword untuk nama kita

Jika kita mengklik Edit Profil, bagian pertama yang perlu diperhatikan adalah menu Nama yang membentuk URL profil Instagram (http://instagram.com/username) dan memberikan profil halaman kita sebuah nama atau brand.

Bagian Nama akan memberikan 30 karakter pertama dari bio Instagram kita yang akan menjadi kunci untuk membantu memaksimalkan SEO Instagram.

Saat orang mencari di Instagram, kata-kata di bagian Nama akan menjadi elemen yang akan bersaing dengan akun lainnya. Jadi, jika kita ingin mendapatkan peringkat yang baik dalam pencarian dari perspektif SEO Instagram, sangat penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan target market kita, atau yang paling sering digunakan oleh mereka ketika mencari jenis produk dan service yang kita buat.

Selain menggunakan hal tadi, penggunaan Emoji juga bisa menjadi alternatif dalam memaksimalkan SEO Instagram kita, dan juga harus memiliki fitur di bidang Nama yang sesuai.

Writing the bio

Biografi Instagram harus berdampak pada audiens kita. Disana harus memberikan informasi kepada audience kita mengenai apa bisnis kita, apa yang kita lakukan, dan mengapa mereka membutuhkan kita. Selain itu, Bio juga harus meyakinkan orang untuk tidak hanya mengikuti Anda tetapi juga untuk melakukan sugesti tindakan selanjutnya yang kita arahkan seperti mengunjungi situs website atau menonton video kita.

Satu hal yang perlu menjadi catatan yaitu adanya keterbatasan pada karakter, yang membuat kita harus bisa menjelaskan segala hal tadi dalam 150 karakter. Gunakan bahasa yang simpel dan memiliki maksud yang jelas.

Berikut beberapa tips dalam menulis bagian Bio pada Instagram:

Specific niche or service
Jika kita berada dalam kategori yang khusus, atau dikenal karena menawarkan suatu layanan yang spesifik, maka penting untuk memberikan informasi dengan sejelas jelasnya pada bio Instagram kita untuk membantu audience mudah dan mengerti dengan cepat siapa kita.

Skills and experience
Menuliskan skills dan pengalaman akan membantu membuat akun kita terlihat profesional, sehingga kepercayaan akan terbangun dengan baik kepada target audience kita. Selain itu juga, secara tidak langsung akan memberi mereka knowledge mengenai ekspektasi yang akan mereka harapkan dari kita

Hobbies and interests
Untuk membangun personal branding, atau bagi seorang influencer, selebgram, dan sejenisnya, maka membangun hubungan dengan followers kita adalah kuncinya. Berikan informasi dalam bentuk cerita tentang siapa kita – hobi, minat, nilai-nilai, dan apa yang kita yakini, dengan pembawaan yang menyenangkan dan menarik bagi audience kita

Use your brand’s voice with a touch of humor
Memanfaatkan brand voice kita adalah suatu keharusan, karena hal tersebut akan menjaga konsistensi tentang bagaimana cara kita berkomunikasi di seluruh jejaring sosial yang kita gunakan dan membentuk sebuah persona yang membuat audiens bisa mengenali kita secara cepat. Namun, bagaimanapun brand voice yang digunakan, sedikit sentuhan humor bisa menambah kita menjadi lebih personal dengan audience kita, membuat kedekatan menjadi lebih intim. Karena pada dasarnya semua orang sangat suka sesuatu yang membuat mereka tertawa atau setidaknya tersenyum.

Add Emojis

Menggunakan fitur emoji pada bio instagram ternyata bisa memberikan tampilan profil yang fresh dan perasaan senang, sekaligus membantu brand kita menjadi stand out dibandingkan dengan kompetitor

Emoji juga akan membantu untuk memberikan gambaran yang lebih efektif dibandingkan dengan kata kata. Apalagi dengan batasan karakter yang bisa digunakan, sehingga perannya menjadi semakin lebih besar.

Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan emoji pada instagram bio

  1. Jadilah sekreatif mungkin dan coba kombinasikan kata yang bisa diinterpretasikan lewat emoji
  2. Gunakan emoji untuk memberikan penekanan pada poin-poin penting dalam konten yang kita berikan, atau sebagai poin-poin untuk melakukan breakdown agar membuatnya lebih mudah dibaca
  3. Emoji juga harus relevan dengan brand kita agar bisa memberikan adding value

Perlu diingat bahwa emoji juga perlu dikombinasikan dengan kata kata agar tidak  membingungkan audience, apalagi orang yang baru pertama kali melihat platform kita. Lakukan uji coba pada beberapa emoji dan ukur mana yang paling baik untuk digunakan.

Use Hashtag

Menggunakan hashtag di dalam bio ternyata bisa menjadi salah satu strategi penting untuk memaksimalkan akun di instagram. Tidak hanya membantu mengarahkan pada post engagement, tetapi juga membuat sebuah komunitas dengan brand kita sebagai pusatnya. Kita juga bisa menggunakannya untuk membantu audience mencari informasi spesifik sesuai dengan pengelompokan berdasarkan hashtag.

Dengan memberikan cara untuk bisa terlibat dengan brand kita, maka akan tercipta jaringan interaksi yang kuat di Instagram. Mereka bisa membagikan konten dengan sesama pengguna lain yang terhubung melalui hashtag tersebut.

Cara ini menjadi bentuk yang saling menguntungkan untuk memperoleh audience yang lebih luas diluar followers yang sudah ada.

Call to Action

Selain penggunaan hashtag, bio instagram juga menjadi tempat yang efektif untuk meletakan Call to action, Sebuah cara untuk memberikan informasi kepada audience kita mengenai apa yang kita harapkan dari mereka untuk dilakukan dan bagaimana cara melakukannya.

Apakah mengunjungi website, melakukan registrasi pada form, melihat konten di media sosial yang lain, dan memperlihatkan email atau kontak yang dapat dihubungi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan goals yang ingin dicapai setiap waktunya.

Sebagai final notes
Penggunaan bio instagram sebaiknya bersifat dinamis sesuai dengan objective yang ingin dilakukan dalam suatu periode tertentu. Kita bisa menggunakan deskripsi, emoji, CTA, atau link yang berbeda beda dan melihat mana yang mendapatkan respon yang positif dan tidak.

Ingin mengetahui informasi lainnya ?
Tinggalkan email kalian untuk mendapatkan update terbaru mengenai konten kami

Dan dapatkan Ebook special yang akan diberikan setiap bulannya

Selamat Mencoba!

Go check another platform of ours

Instagram
Podcast
Facebook
Twitter

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu