Cara Membuat Digital Marketing Audit Dengan Benar

Apakah Anda merasa bahwa strategi pemasaran digital Anda membutuhkan suasana baru yang segar? Mungkin inilah waktu yang tepat untuk audit pemasaran digital Anda. Ketika dijalankan dengan benar, audit pemasaran digital dapat memberi Anda jawaban atas apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan strategi kedepannya.

Namun apa itu audit pemasaran digital? Audit pemasaran digital ialah penyelidikan menyeluruh dari semua upaya pemasaran digital Anda. Performa dari segala praktik, strategi, iklan, dan postingan Anda akan dievaluasi untuk memberikan pemahaman di mana celah yang perlu diperbaiki bagi bisnis Anda.

Jika Anda melakukan inspeksi secara rutin terhadap praktik pemasaran digital Anda, ini akan mempermudah untuk mengidentifikasi area mana waktu yang terbuang sia-sia, serta taktik yang benar-benar mendorong pertumbuhan bisnis dengan nyata.

Strategi > Action > Audit > Adaptasi > Ulangi

Ini merupakan alur kerja yang terbukti dapat meningkatan pemasaran digital. Semakin sering Anda menganalisis kinerja Anda dan menemukan area yang perlu ditingkatkan, maka akan semakin baik juga hasilnya. Lantas bagaimana cara melakukan audit pada pemasaran digital? Berikut ini 3 cara efektif untuk melakukan audit pemasaran digital.

1. Lampirkan Halaman Web

Pada halaman pertama, yang perku ada sisipkan pertama ialah halaman situs Anda, baik itu Instagram, Facebook, atau Website. IniĀ  dilakukan untuk mengetahui situs mana yang akan dievaluasi dan juga bertujuan untuk menemukan apa tujuan dari situs web tersebut, serta mendiskusikan apakah ada tujuan tambahan atau yang perlu diperbarui dan harus menjadi prioritas.

2. Muat Preferensi Situs Anda

Setelah melampirkan halaman utama situs Anda, langkah selanjutnya ialah memuat preferensi situs Anda. Preseferensi ini berisikan nama website, tautan link, nama profil, jumlah pengikut, frekuensi posting, kelebihan, kekurangan, kendala dan saran. Informasi-informasi ini dapat Anda buat menjadi sebuah tabel agar mudah dipahami saat membacanya. Informasi ini dapat Anda temukan dalam dashboard sosial media situs Anda, atau Anda dapat menggunakan aplikasi lain untuk mendapatkan detail lain situs Anda, salah satunya adalah Social blade.

Social blade ini merupakan website yang menyediakan jasa analisis media sosial secara gratis yang mana analisis tersebut berguna untuk mengkaji performa suatu akun media sosial. Data analisis tersebut dapat membantu bisnis Anda dalam mengetahui apakah akun media sosial yang Anda miliki telah mempunyai informasi yang cukup atau belum.

Pada halaman ini, Anda juga dapat menambahkan kekurangan, kelebihan dan juga beberapa saran atau rekomendasi yang diperlukan oleh situs web Anda.

3. Cek SEO Report

Yang terakhir ialah cek SEO report. Melakukan pengoptimalan mesin pencarian atau lebih dikenal sebagai SEO ini bertujuan untuk mempelajari lebih lanjut tentang dasar-dasar konten di situs Anda. Ini biasanya terkait dengan tag judul, deskripsi, dan informasi lainnya tentang konten yang ada. Ini juga dapat digunakan untuk mempertimbangkan kemampuan pencarian dan peringkat situs Anda, serta apa yang dibutuhkan audiens target Anda.

Setelah melihat aspek konten situs web Anda, selanjutnya ialah menganalisis informasi yang telah ditemukan dan membuat rekomendasi tentang cara meningkatkan konten Anda saat ini dan memberikan saran untuk strategi konten yang berkelanjutan. Cari tahu seberapa baik kontribusi konten Anda dalam membantu pelanggan dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian yang tepat dan perhatikan setiap celah yang kurang saat ini agar diisi oleh pembaruan atau konten baru.

Anda dapat melakukan cek SEO ini menggunakan situs Upcity.com, ini dapat memberikan informasi analasis tentang ringkasan laporan website Anda, analisis rank, link building yang berfungsi untuk membantu mengoreksi detail-detail yang kurang dari website Anda agar lebih lengkap, aksesibilitas situs web, hingga trust metrics. Situs ini mempermudah Anda untuk mencari informasi terkait yang Anda butuhkan. Situs lain yang dapat Anda gunakan untuk melakukan audit pemasara digital adalah Yext. Yext ini akan memberikan daftar dan juga review dari banyak situs serupa dengan yang Anda miliki lalu mereka akan membandingkan akun anda dengan akun lainnya.

Hasil dari data-data tersebut nantinya dapat membantu Anda menganalisis segala kekurangan dan kelebihan yang perlu ditingkatkan. Pastikan bahwa situs Anda ini sangat berguna bagi target atau audience Anda. Ketika situs Anda bermanfaat bagi audiens, Anda akan melihat pertumbuhan mengalir ke bisnis Anda. Selain itu, audit ini juga memperkuat pemasaran strategis dan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu