Semakin dekatnya tahun 2023, maka inilah saatnya mengalihkan perhatian kita ke tahun yang akan datang, dan termasuk juga semua pembaruan baru ke dunia media sosial yang akan dibawanya. Tentu kita tahu bahwa tren di era digital ini terus berganti dalam waktu yang cepat. Itulah mengapa kita perlu strategi-strategi baru agar tetap mengikuti tren terkini.
Agar tetap up to date dengan perkembangan media sosial yang sangat cepat, berikut ini beberapa strategi yang dapat Anda lakukan. Simak artikel ini hingga selesai.
1. Memilih Sasaran Dan Metrik Yang Tepat
Menetapkan tujuan dan sasaran yang jelas adalah hal yang sangat penting. Ini merupakan langkah pertama dalam mengembangkan strategi pemasaran media sosial yang sukses. Tanpa adanya sebuah tujuan yang jelas, Anda tidak akan memiliki cara nyata untuk mengukur pencapaian dan keuntungan. Demikian tujuan pemasaran media sosial Anda harus terukur, relevan, dan terikat waktu.
2. Kenali Target Audiens
Pelajari cara menargetkan dan melibatkan pelanggan, pengikut, dan penggemar Anda di media sosial dengan mengenal mereka sebagai orang nyata dengan keinginan dan kebutuhan nyata. Ketika berbicara tentang klien ideal Anda, Anda harus mengetahui hal-hal berikut:
- Usia
- Lokasi
- Pendapatan rata-rata
- Jabatan atau industri tipikal
- Minat
Analitik pada dashboard media sosial juga dapat memberi Anda banyak informasi berguna tentang siapa pengikut Anda. Anda dapat meningkatkan penargetan audiens dan menyempurnakan strategi Anda dengan mengetahui hal-hal tersebut.
3. Mengetahui Pesaing Anda
Cara yang baik untuk menetapkan strategi pemasaran media sosial Anda adalah dengan melihat apa yang dilakukan pesaing Anda di jejaring sosial. Dengan melakukan analisis persaingan, Anda akan lebih memahami kekuatan dan kelemahan bisnis Anda dan pesaing Anda. Anda akan belajar banyak tentang apa yang diharapkan di industri Anda, yang akan membantu Anda menetapkan tujuan Anda sendiri untuk media sosial. Anda kemudian akan dapat menemukan peluang dengan lebih mudah dan memanfaatkan persaingan.
4. Rutin Menganalisis Akun Media Sosial
Setiap interaksi yang terlihat dengan profil Anda di media sosial dianggap sebagai keterlibatan. Seperti halnya suka, komentar, dan bagikan pada postingan Anda, ini adalah contoh keterlibatan.
- Tingkat keterlibatan berbasis jangkauan: Jumlah pemirsa yang memilih untuk berinteraksi dengan konten Anda. Ini dapat dihitung untuk setiap posting secara individual atau sebagai rata-rata dari waktu ke waktu.
- Tingkat keterlibatan per pos: Mengukur seberapa cepat pengikut menanggapi konten Anda.
- Tingkat keterlibatan harian: Berarti seberapa sering pengikut Anda berinteraksi dengan akun Anda setiap hari.
5. Membuat Kalender Konten
Tentu saja, berbagi konten yang bagus itu penting, tetapi merencanakan kapan membagikannya untuk mendapatkan hasil maksimal sama pentingnya. Tetapkan jadwal posting kalender konten media sosial Anda akan menunjukkan kapan dan jenis konten apa yang akan Anda terbitkan di setiap saluran. Ini adalah lokasi yang ideal untuk merencanakan semua aktivitas media sosial Anda, termasuk berbagi ulang konten buatan pengguna, postingan blog, video, tautan berbagi, dan gambar.
Itulah beberapa strategi yang dapat Anda lakukan agar akun media sosial Anda terus berkembang di tahun 2023 nanti. Selain dari 5 poin di atas, hal yang menjadi kunci ialah konsistensi dalam melakukannya.