Memiliki strategi konten untuk Instagram Anda berarti membuat perbedaan antara akun Anda dengan akun lain di Instagram. Salah satunya ialah membuat rencana konten. Adanya rencana konten membuat akun Anda menjadi lebih terarah dan konsisten. Selain itu dengan membuat rencana konten, ini dapat membantu Anda merilis konten dan juga memastikan agar Anda dapat mencapai sasaran tertentu dan membantu kinerja konten Anda menjadi lebih baik.
Beberapa orang mungkin masih bingung tentang bagaimana cara membuat rencana konten yang menarik dan menghasilkan kinerja yang memuaskan. Kami disini akan memberikan beberapa strategi yang dapat Anda lakukan dalam membuat rencana konten untuk Instagram Anda. Simak artikel ini hingga akhir.
1. Menentukan Tujuan
Dalam membuat konten, tentu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat tujuan atau sasaran dari Instagram Anda. Cari tahu sebenarnya apa yang ingin Anda capai? Apakah untuk menumbuhkan audiens Anda atau untuk menghasilkan penjualan? Atau yang lainnya? Jika Anda telah mengetahui tujuan Anda, maka Anda akan lebih siap untuk menyesuaikan konten Anda yang tujuannya untuk memenuhi goals tersebut.
2. Membuat Kalender Konten
Hadirnya sebuah kalender konten sangat penting karena ini merupakan peta bagi Anda untuk memandu jalan Anda, membantu dalam mencapai tujuan, dan menetapkan tanggal akhir dari kampanye konten Anda. Dengan cara ini, Anda akan tahu kapan Anda harus memenuhi tujuan Anda, menyesuaikan, serta menganalisis cara untuk meningkatkan strategi konten Anda untuk kampanye berikutnya. Adanya kalender konten dapat membantu menjaga ide dan kampanye tetap teratur, membantu Anda mengidentifikasi kesenjangan konten, dan membantu membangun konsistensi dalam pemposting konten di Instagram.
3. Membuat Identitas Visual
Apa itu Identitas Visual? Ini adalah langkah bagaimana Anda membentuk persepsi dan menciptakan kesan melalui elemen-elemen yang terlihat dari merek atau konten Anda. Identitas visual adalah citra yang mengungkapkan siapa Anda dan membedakannya dari yang lain. Ini akan menjadi ciri khas bagi brand atau konten Instagram Anda.
Untuk membangun identitas visual, Anda perlu menyelaraskan segala aspek dalam konten Anda seperti gambar, GIF, teks, video, dan bahkan postingan meme. Ini semua agar konten Anda memiliki ciri khas dan telihat seperti satu kesatuan.
4. Memberikan CTA (Call To Action)
Meskipun Anda membuat konten berupa gambar atau video yang bagus dan menarik, tetapi itu semua akan menjadi sia-sia jika Anda tidak memberikan ajakan untuk bertindak yang menarik. Itulah mengapa ajakan untuk bertindak sangatlah penting. Luangkan waktu untuk menyusun CTA yang tepat. Ini semua untuk memastikan konsumen dapat mengikuti halaman Anda, terlibat dengan postingan Anda, atau bahkan membeli produk Anda.
5. Tahu Jadwal Posting
Setiap orang memiliki waktu strategi sendiri. Dimana audiens yang mereka miliki rata-rata aktif pada jam atau waktu tertentu. Anda perlu melakukan survei untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memposting konten Instagram Anda, agar mendapatkan impresi yang lebih tinggi. Jika Anda tidak yakin dalam menentukan jadwal posting, Anda dapat menggunakan Meta Business Suites untuk menjadwalkan posting untuk Facebook dan Instagram. Mereka memiliki analisis dan akan menyarankan hari dan waktu di mana Anda akan mendapatkan keterlibatan dan tampilan terbanyak.
Perencanaan konten adalah cara terbaik bagi Anda untuk membantu meningkatkan jangkauan dan keterlibatan di Instagram. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat.