4 Cara Melakukan Audit Dan Evaluasi Media Sosial Kamu

Seperti yang kita ketahui bahwa media sosial ini sangat dinamis dan terus berkembang. Ada platform, audiens, dan fitur baru yang terus bermunculan. Ini berarti, selalu ada cara baru untuk memanfaatkan ini untuk bisnis Anda. Namun, itu bukan sesuatu yang harus dilakukan begitu saja, Anda perlu melakukannya dengan audit atau pengukuran.

Audit media sosial adalah proses yang digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi sosial Anda di seluruh akun dan jaringan . Audit mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan langkah selanjutnya yang diperlukan untuk meningkatkan.

Saat melakukan audit pada akun media sosial Anda, Anda akan mengetahui platform mana yang paling efektif, apa yang ingin dilihat audiens Anda, apa saja yang dapat meningkatkan audiens Anda, dan ke mana Anda harus memusatkan perhatian selanjutnya. Ini adalah langkah penting jika Anda berencana memperbarui strategi media sosial Anda. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan audit dan evaluasi untuk media sosial Anda.

1. Membuat Daftar Akun

Anda mungkin berpikir Anda tahu semua akun sosial Anda, tetapi perlu diketahui bahwa membuat daftar akun yang Anda miliki sangatlah penting, ini untuk meminimalisit kemungkinan Anda lupa, dan juga sebagai catatan histori bagi Anda. Jadi mulailah dengan mendaftarkan semua profil media sosial Anda, termasuk yang tidak aktif.

2. Pemeriksaan Merek atau Brand

Langkah selanjutnya ialah melakukan pemeriksaan. Lihat melalui setiap profil untuk memastikan mereka sesuai dengan pedoman gaya merek atau brand Anda saat ini. Periksa profil Anda dan gambar spanduk, tagar, salinan dan frasa, suara merek, URL, dan lainnya.

Melakukan pemeriksaan secara mendetail mulai dari apakah gambar mencerminkan pencitraan merek Anda saat ini, apakah Anda telah memanfaatkan profil bio secara maksimal, apakah nama akun Anda sudah sama di setiap media sosial, apakah URL di profil Anda mengarah ke situs web atau halaman arahan yang benar, dan sudahkan Anda melakukan verifikasi untuk akun Anda. Hal-hal ini perlu diperhatikan baik-baik dan tidak boleh ada yang tertinggal.

3. Identifikasi Kinerja Konten Anda

Sekarang waktunya untuk mengaudit konten media sosial Anda. Untuk setiap profil sosial, Anda perlu mencantumkan lima postingan teratas. Kemudian salin tautan postingan tersebut ke dalam template audit media sosial Anda sehingga Anda dapat dengan mudah meninjaunya nanti. Identifikasi apa saja yang membuat ini menarik hingga kekurangan apa yang ada di dalamnya. Untuk aplikasi yang bisa Anda gunakan saat mengaudit media sosial Anda diantaranya ialah Bigbox, Hootsuite dan Sproutsocial, atau Anda bisa memanfaatkan langsung dashboard analitik yang telah disediakan oleh masing-masing platform yang Anda gunakan.

4. Evaluasi

Yang terakhir dan tidak kalah penting ialah melakukan evaluasi media sosial. Mengevaluasi kontribusi setiap saluran sosial terhadap sasaran pemasaran Anda secara keseluruhan.

Manfaat dari melakukan audit dan evaluasi terhadap media sosial Anda tidak lain ialah cara agar Anda mengetahui dengan jelas bagaimana media sosial Anda bekerja dan mampu membuat bisnis Anda berkembang. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk melakukan audit dan evaluasi media sosial secara berkala.

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu